Sukses

Sakit Ini yang Bikin Dahlan Iskan Jadi Manusia Setengah Bionic

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan Dahlan Iskan sedang tidak dalam keadaan prima. Dahlan sendiri yang mengungkapkan bahwa dia menderita Aorta Dissection.

Dahlan Iskan mengatakan, penyakit ini dapat menyebabkan kematian, sehingga dia harus dirawat di salah satu rumah sakit.

Hal ini diketahui dari kicauan Dahlan Iskan di Twitter setelah banyak orang yang bertanya keadaan dia sekarang ini.

"Kalau ada yang bertanya Dahlan kemana beberapa bulan ini? Saya dirawat di salah satu RS karena menderita Aorta Dissessction yang mengancam ke kematian dan sekarang saya menjadi manusia setengah Bionic,"

tulis Dahlan Iskan via akun @iskan_dahlan pada Senin, 5 Januari 2018.

Sejauh ini Dahlan Iskan belum bercerita banyak perihal sakit Aorta Dissection yang dia derita. Nanti semua hal mengenai keadaan yang sekarang akan dibahas secara lengkap di situs resmi milik Dahlan Iskan, yang menurut rencana akan diluncurkan pada 9 Februari 2018, Disway.id .

 

2 dari 2 halaman

Apa Itu Aorta Dissection yang Menyerang Dahlan Iskan

Aorta Dissection yang menyerang Dahlan Iskan memiliki gejala seperti sesak napas, nyeri dada atau punggung atas yang kerap muncul mendadak. Selain itu, gejala lain yang harus diwaspadai adalah, kemampuan penglihatan yang menurun, kelumpuhan, demam, bahkan pasien bisa hilang kesadaran.

Dikutip dari situs Web MD, Selasa, 6 Februari 2018, Aorta Dissection memang paling sering menyerang pria seumuran Dahlan Iskan, kisaran 60 sampai 80 tahun. Salah satu pemicu penyakit ini pun pernah dirasakan Dahlan Iskan saat menabrak mobil listrik ke tebing, yaitu benturan pada dada. Benturan pada bagian ini yang menyebabkan dinding aorta jadi melemah.

Disebutkan juga bahwa pria seperti Dahlan Iskan yang jauh lebih berisiko terkena Aorta Dissection dibanding wanita. Maka itu, para pria, terutama yang sudah berumur, untuk lebih menjaga kesehatan dan menjalani pola hidup sehat.