Sukses

Kenapa Pusar Kerap Timbulkan Aroma Tak Sedap?

Sebuah studi menemukan di pusar rata-rata ada 67 tipe bakteri. Apakah bakteri itu yang bikin pusar bau?

Liputan6.com, Jakarta Pusar atau orang Jawa menyebutnya udel merupakan bagian tubuh yang kerap ditutupi. Walau begitu, jangan lupa untuk rutin membersihkannya agar tidak bau.

Studi yang dilakukan peneliti dari North Carolina Stete University, Amerika Serikat mengatakan rata-rata ada 67 tipe bakteri di pusar. Belum lagi ditambah materi-materi yang lain. 

"Pusar kerap bau karena lubang tersebut berisi campuran bakteri, kotoran, keringat, sabun, losion," kata ahli kesehatan Alexandria V. Booth.

Jika tidak dibersihkan tak cuma bikin bau, bisa juga menyebabkan infeksi. Bila infeksi melanda, terkadang kerap membuat area sekitar pusar merah, gatal, dan kering seperti disampaikan Alexandria mengutip Women's Health, Senin (5/2/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan pusar seminggu sekali

Berbeda dengan telinga yang memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri, pusar butuh bantuan pemiliknya.

Alexandria menyarankan paling tidak seminggu sekali membersihkan pusar menggunakan cotton bud yang diolesi dengan sabun cair atau alkohol. Jika, lubang pusar tidak terlalu dalam, misalnya pada ibu hamil, bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan waslap basah berisi sabun seperti disampaikan Alexandria.

Jika, pusar dibersihkan tetap saja bau atau ada infeksi yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter atau dokter spesialis kulit. Karena bisa jadi ada kondisi seseuatu yang lebih serius terjadi pada pusar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini