Sukses

Jadi Korban Body Shaming? Ini Cara agar Tetap Percaya Diri

Liputan6.com, Jakarta Body shaming kerap menjadi masalah serius terkait dengan kepercayaan diri. Memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional tak jarang membuat orang lain memberi perhatian lebih. Sering pula muncul kritik yang berujung pada celaan terhadap kondisi bentuk tubuh yang dimiliki.

Dilansir dari Walden Eating Disorders Treatment, Senin (5/2/2018), seorang dokter dari Klinik Walden Braintree, Erika Vargas, mengungkapkan beberapa bentuk body shaming yang kerap dilakukan oleh para pelaku, yaitu mengkritisi penampilan sendiri dengan membuat perbandingan dengan orang lain, mengkritisi penampilan orang lain di depan umum, dan mengkritisi penampilan orang lain tanpa sepengatahuannya.

Melalui tulisannya tersebut, Erika menyebutkan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melawan body shaming dengan pintar dan bijak. Apa sajakah itu? berikut ulasannya :

1. Berlatih untuk mengidentifikasi mengapa Anda kecewa dengan situasi.

Ketika merasa kecewa dengan situasi tertentu, tidak mungkin hal itu terjadi tanpa alasan. Sebagai seorang yang bijak, Anda harus mencoba untuk mengidentifikasi mengapa Anda merasa marah atau kecewa dengan orang itu.

Mungkin saja hal ini karena miskomunikasi atau benar terjadi kritik yang berujung pada penolakan terhadap bentuk tubuh Anda. Beranilah untuk mengatakannya.

2. Kenali pihak yang netral

Tidak semua orang punya sifat mengintimidasi orang lain karena bentuk tubuhnya. Mereka adalah sosok yang tepat bagi Anda menghabiskan waktu. Hal ini akan sangat membantu untuk berjuang melawan orang lain yang mengintimidasi bentuk tubuh Anda.

Orang-orang yang seperti ini pun dapat membantu Anda melihat kembali diri sendiri. Mereka akan membantu Anda melawan body shaming dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih positif.

 

Simak juga video berikut ini :

2 dari 2 halaman

Hadapi mereka, para pelaku body shaming

3. Hadapi mereka yang melecehkan Anda

Menghadapi body shaming bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin akan malu ketika bertemu dengan para pelaku body shaming. Namun, hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja.

Temui mereka, dan bicarakan mengapa hal ini terasa begitu mengganggu Anda. Anda dapat membantu mereka untuk menunjukkan betapa menyakitkan rasanya mengalami body shaming.

4. Temukan sesuatu yang disukai dari tubuh Anda

Memiliki bentuk tubuh yang kurang porporsional tidak selamanya buruk. Anda dapat mencari sesuatu dari bagian tubuh yang istimewa, seperti rambut, bulu mata, gigi, dan sebagainya.

Tak hanya fisik, perilaku yang Anda miliki bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Hal inilah yang dapat mengobati rasa sakit yang Anda alami karena body shaming.

Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Bentuk Tubuh Ideal Hanya Mimpi jika Lakukan Kesalahan Ini
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Beda Bentuk Tubuh, Beda Kepribadian, Apakah Anda?