Sukses

Pentingnya Sesuaikan Pola Diet dengan Bentuk Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Pola diet harian tentu mempengaruhi bentuk tubuh dan kesehatan. Sayangnya, tak banyak individu yang memahami bentuk tubuh dan tipe diet seperti apa yang sesuai dengan bentuk tubuhnya.

Mengutip Fitness Magazine, Senin (8/5/2017) berikut tips dan anjuran diet yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

1. Bentuk tubuh cabai

Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh ramping bak bentuk cabai ini, harus menjaga asupan lemak sehat untuk meningkatkan kekuatan otot. Selain itu lemak baik yang bisa didapatkan dari minyak ikan, minyak zaitun, protein, kacang-kacangan juga dapat menjaga ukuran pinggul, pinggang, dan lengan.

Neva Cochran, RD, ahli diet dan konsultan nutrisi di Dallas juga menyarankan untuk tetap mengonsumsi sayur dan buah sebagai penyeimbang asupan lemak.

Agar bentuk tubuh tidak mengalami perubahan, Lisa Dorfman, ahli gizi dan profesor dari University of Miami menyarankan untuk olahraga dua kali seminggu. "Ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda," kata Dorfman.

2 dari 2 halaman

2. Bentuk tubuh pir

"Jika Anda memiliki tubuh yang besar di bagian bawah seperti pada pinggul, paha, dan bokong, Anda harus usaha ekstra untuk mempertahankannya," kata Dr. Marie Savard, kontributor medis di ABC News.

Savard menyarankan agar individu yang memiliki bentuk tubuh pir ini mengontrol asupan lemak agar bentuk tubuh tidak bertambah besar. Dorfman mebnambahkan, diet kaya karbohidrat kompleks, seperti sereal gandum, kacang-kacangan, ayam, dan ikan serta buah dan sayur harus mengisi menu diet harian si pemilik tubuh pir.

3. Bentuk tubuh apel

Bentuk tubuh seperti apel ini khas dengan penumpukan lemak di area perut. Sedangkan pinggul hingga pahanya lebih kecil, ujar Kathie Swift, RD, direktur nutrisi UltraWellness, Massachusetts, Amerika. 

Untuk menghindari kenaikan bentuk tubuh, disarankan pemiliki tubuh ini menjalani diet redah karbohidrat. Setidaknya Anda harus mengonsumsi 40 persen karbohidrat dalam sehari yang diimbangi dengan sayur dan buah.

"Rutin juga untuk melakukan sit-up setiap hari untuk membantu pembakaran kalori," kata Dorfman.

 

Loading