Sukses

Kalau Ada Orang yang Mengaku Dokter, Segera Lapor ke Sini

Jika Anda temukan dokter yang mengaku dokter, segera laporkan ke pihak terkait agar bisa ditindak dengan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Saya bingung harus lapor ke mana, kalau ada dokter yang praktiknya seolah-olah dirinya dokter. Apalagi pasien yang berobat ke dokter tersebut banyak yang mengalami komplikasi.

 

Itulah yang menjadi salah satu perbincangan dalam acara "Ancaman Dokteroid bagi Kesehatan Masyarakat" di Kantor Pusat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Jakarta, ditulis Jumat (2/2/2018).

Masyarakat masih belum mengetahui, ke mana harus melapor atau mengirim pengaduan terkait seseorang yang berperilaku layaknya dokter.

Padahal, orang tersebut tidak punya kompetensi dokter. Bahkan tidak ada surat izin praktik, Surat Tanda Registrasi (STR). IDI menyebut, orang yang bukan dokter, tapi berperilaku dokter dalam istilah dokteroid.

Ketika mengetahui ada temuan dokteroid, Indah Suksmaningsih dari Divisi Pembinaan Konseling Kedokteran mengatakan, laporan bisa diadukan ke Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

"Anda bisa melapor ke KKI. Informasi bisa dibuka di situs KKI atau datang langsung ke Gedung KKI di Jalan Teuku Cik Diktiro, Menteng, Jakarta," kata Indah.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera laporkan dokteroid

Sekjen PB IDI, Adib Khumaidi menambahkan, temuan dokteroid bisa dilaporkan ke IDI cabang daerah masing-masing.

"Pengaduan dilaporkan ke IDI cabang. IDI cabang harus segera laporkan ke dinas kesehatan setempat," lanjut Adib.

Jika orang yang bersangkutan terbukti sebagai dokteroid, maka bisa dilakukan persidangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.