Sukses

Trik Ibu Atasi Sakit dan Cemas Saat Persalinan

Liputan6.com, Jakarta Di balik momen yang membahagiakan, ada dua nyawa yang dipertaruhkan dalam setiap momen persalinan. Tak heran jika saat mengandung, ibu hamil selalu dihinggapi perasaan cemas ketika kandungan memasuki trimester akhir.

Setiap ibu memiliki cerita dalam persalinan, tapi semuanya akan diikuti dengan kata "sakit". Bohong jika seorang ibu tak mengalami rasa sakit saat persalinan.

Rasa sakit ini sebenarnya dipicu oleh kontrasi otot rahim, tanda jika bayi siap keluar dari rahim. Kepala bayi menekan untuk mencari jalan keluar.

Melansir Daily Mail, menurut ahli hipnotis, Mark Stephens, ada satu metode untuk menekan rasa cemas dan sakit pada ibu yang akan melahirkan, yaitu dengan cara hipnotis.

Menurutnya, hipnotis dapat menyingkirkan rasa takut pada ibu. Terutama untuk semua hal yang berkaitan dengan proses persalinan. Cara ini dipercaya dapat memperkuat mental ibu dalam menyambut kedatangan bayi.

Mark menambahkan, selain hipnotis ada juga meditasi. Di mana setiap ibu dapat melakukannya di rumah dan tanpa harus bantuan seorang ahli saat persalinan.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Teknik Pernapasan

Ibu hamil hanya cukup fokus pada teknik pernapasan. Dengan begitu, stres akan teredam dengan baik dan hanya ada perasaan nyaman.

"Ini tentang belajar bagaimana bermeditasi dan mengubah gagasan rasa sakit menjadi perasaan, dan mengubah gagasan kontraksi menjadi gelombang," kata Mark.

Mark menjelaskan bahwa ketika kontraksi datang, wanita harus bernapas dalam-dalam, dan saat mereka "berada dalam keadaan ini", tubuh mereka melepaskan serotonin dan endorfin sekaligus mengurangi kortisol dan adrenalin.

Teknik ini akan mengurangi rasa sakit persalinan sebesar 80 persen.

Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil Tak Disarankan Puasa Bila Kenaikan Bobot Janin Melambat
Artikel Selanjutnya
Kondisi Ini Disarankan Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Tidak Berpuasa