Sukses

Yuk, Ajari Anak Berani Ikut Pola Hidup Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orangtua, selalu menginginkan anak tumbuh dengan fisik dan mental yang sehat. Namun, mengajak anak untuk mengikuti proses gaya hidup sehat tidaklah mudah, perlu berusaha sedikit demi sedikit. Hal itu untuk membentuk si kecil mandiri menjalani pola hidup sehat tanpa ada paksaan.

Anak tidak akan atau cenderung mengalami kesulitan saat berupaya menerapkan pola hidup sehat apabila kedua orangtuanya tidak terlebih dahulu memberikan contoh kepadanya.

Maka dari itu, menjadi contoh sejak dini penting bagi anak agar menjadi bekal pola hidup sehat untuk kemudian hari.  

Seperti dikutip dari laman Times of India, Rabu (14/9/2016), perilaku orangtua memiliki dampak yang sangat besar terhadap buah hati mereka. Dari usia balita hingga menginjak fase remaja, anak cenderung belajar atau meniru perilaku kedua orangtua lantaran merasa bahwa merekalah tolok ukur akan sesuatu yang diperbolehkan dan yang tidak.

Anak akan terus mengingat pola tersebut lantaran sudah terekam dengan sangat jelas dalam pikiran mereka. Alangkah baiknya apabila kedua orangtua juga turut membekali anak dengan ilmu seputar pola hidup sehat secara teori di samping upaya memberikan contoh secara praktek dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa kebiasaan sehat yang harus berani dilakukan orangtua untuk anak sebagai bekalnya kelak.

Kegiatan outdoor

Kegiatan yang cenderung dilakukan di luar ruangan ini bisa memberikan kesan seru pada anak. Sebagai contoh ialah piknik. Kegiatan itu bisa dilakukan di mana saja, mulai dari halaman belakang rumah hingga di perkebunan yang jauh dari pusat kota.

Selain memberikan kesempatan untuk sejenak menikmati alam, piknik juga memberikan kesempatan keluarga untuk ngobrol lebih banyak, membuat memori yang indah, hingga mengoleksi berbagai foto yang indah ketika liburan bersama.

Tak hanya piknik, kegiatan lain yang bisa dilakukan ialah berenang, hiking, atau bersepeda.

Olahraga

Beri contoh si kecil untuk berolahraga. Misalnya, dengan mengajaknya bersepeda, berenang, berlari bersama. Selain bersama keluarga, bisa juga bersama tetangga. Makin banyak orang yang terlibat makin jadi seru acara olahraga.

Olahraga bersama anak ataupun keluarga bermanfaat untuk membuat hubungan semakin berkualitas di tengah jadwal kegiatan yang penuh. Bahkan, hal ini pun dapat mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih fit—juga bersenang-senang bersama.

Bagi anak, aktivitas fisik memang perlu dilakukan untuk memacu stamina. Selain itu, beragam aktivitas fisik merangsang kinerja otak anak yang berimbas pada kemampuan kognitifnya.

Ajak untuk bersih-bersih

Kebiasaan baik dan menyehatkan bisa dimulai dari aktivitas yang sederhana, misalnya saja beres-beres rumah. Menyertakan musik, sebagai penyemangat untuk membereskan ruangan, mengapa tidak? Membuat gerak aktivitas fisik anak menjadi menyenangkan dengan menari sambil bersih-bersih adalah ide cemerlang.

Dengan begitu, secara langsung Anda mengajarkan mereka untuk selalu menjaga kebersihan. Tentu, kalau dilakukan secara rutin, sikap positif itu akan selalu melekat dan jadi contoh yang baik untuk si kecil.

Pentingnya berinvestasi pada kesehatan

Kebiasaan di atas tentu memerlukan perlindungan ekstra agar si kecil selalu sehat. Jangan tunggu sampai penyakit datang. Anda perlu proteksi sejak dini untuk tumbuh kembang anak.

Untuk tetap mengikuti pola hidup sehat, Asuransi Cigna siap menjadi rekan Anda melalui Cigna Family Care yang dapat memberikan proteksi untuk seluruh keluarga Anda.

Asuransi ini menawarkan banyak keuntungan sebagai perayaan semangat #BeraniLebihSehat yang Anda lakukan. Anda akan lebih tenang, karena Cigna Family Care dapat melindungi hingga 5 anggota keluarga mulai dari Anda, pasangan (suami/istri), dan 3 (tiga) Anak, cukup dengan menyisihkan uang mulai dari Rp 12.000,- per hari.

Memberikan tawaran yang lebih lengkap, produk asuransi ini juga dilengkapi dengan layanan Telekonsultasi Keluarga, serta layanan tambahan lain yang terkait dengan kebutuhan keluarga mengenai pendidikan anak, parenting, hingga persiapan masa pensiun bagi tertanggung.

Cigna Family Care juga dilengkapi dengan fasilitas nontunai (cashless) di lebih dari 700 rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia.

Cigna Family Care adalah sebuah perlindungan kesehatan yang menawarkan kemudahan bagi keluarga. Produk asuransi kesehatan ini dapat melindungi hingga 5 orang tertanggung — atau lima anggota keluarga inti, yakni kepala keluarga, pasangan dan tiga orang anak — di dalam satu polis dengan satu premi. Selain itu Cigna Family Care dapat dimiliki tanpa adanya pertanyaan kesehatan dan medical check-up atau Guaranteed Acceptance.

Asuransi Cigna telah melayani lebih dari 95 juta nasabah di 30 negara di seluruh dunia dan berpengalaman 27 tahun lebih di Indonesia.

Ayo #BeraniLebihSehat

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Berat Badan Terus Turun Saat Kanker, Begini 6 Cara Atasinya
Artikel Selanjutnya
Tanpa Perawatan Mahal, Jadi Awet Muda dengan Rutin Makan Buah Ini