Sukses

Makam Dibongkar Paksa, Kain Kafan Bayi Perempuan Ini Dicuri

Kain kafan pada bayi yang baru dimakamkan 40 hari silam itu telah hilang dicuri orang. Untuk apa sih kain kafan dicuri?

Liputan6.com, Jakarta Sebuah makam bayi yang baru 40 hari dikubur, dibongkar paksa. Pelaku mencuri kain kafan yang melilit tubuh bayi tersebut. Peristiwa ini terjadi di Tempat Pemakaman Umum Mbeji, Keluarahan Mertasinga, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Anggota Kepolisian Sektor Cilacap Utara tengah menyelidiki dan mendalami pencurian kain kafan bayi ini secara intensif.

"Kasus pencurian kain kafan ini pertama kali diketahui oleh seorang warga bernama Dul Aspar, yang kebetulan melintas di lokasi makam sekitar pukul 05.30 WIB," kata Kepala Kepolisian Resor Cilacap, Ajun Komisaris Besar Polisi Djoko Julianto, didampingi Kepala Polsek Cilacap Utara, Made Arthana, di Cilacap, seperti dikutip dari AntaraNews, Jumat (12/1/2018).

Dalam hal ini, kata dia, Dul Aspar melihat ada sebuah makam yang dibongkar paksa, sehingga ia segera melapor ke Polsek Cilacap Utara. Ia mengatakan anggota Polsek Cilacap Utara segera mendatangi pemakaman umum tersebut untuk mengecek dan melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Makam yang dibongkar adalah makam seorang bayi perempuan bernama Khusnul Khotimah, anak dari pasangan Tasiwan dan Karsiyah, warga Kelurahan Mertasingga, Kecamatan Cilacap Utara," katanya.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayi masih dalam keadaan utuh

Menurut dia, bayi tersebut meninggal dunia saat persalinan di salah satu rumah bersalin Cilacap sekitar 40 hari yang lalu. Ia mengatakan, untuk memastikan kondisi mayat bayi, petugas dari Polsek Cilacap Utara dan Inafis Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap dengan dibantu warga membongkar makam tersebut.

Setelah makam tersebut dibongkar dan dilakukan pengecekan yang disaksikan oleh keluarga, kata dia, diketahui bahwa kondisi mayat bayi masih dalam keadaan utuh meskipun sebagian kain kafannya hilang. Oleh karena itu, ucap dia, mayat bayi tersebut dimakamkan kembali di tempat semula.

"Kami langsung melakukan penyelidikan untuk mengetahui pelaku dan motif pembongkaran makam," katanya.

 

 

3 dari 3 halaman

Tak jera, pelaku terduga mengulangi perbuatannya

Kapolres mengakui saat ini pihaknya telah menangkap pria bernama Resi, yang diduga sebagai pelaku pembongkaran makam bayi tersebut. Menurut dia, pria itu juga pernah ditangkap karena melakukan pembongkaran sejumlah makam di Cilacap beberapa tahun lalu.

"Yang bersangkutan masih dimintai keterangan," katanya.

Berdasarkan catatan Antara, Resi alias Resi Rokhis Suhana alias Satria Pamungkas pernah ditangkap petugas Polres Cilacap pada tanggal 15 Desember 2013. Ia dijebloskan ke penjara karena melakukan pembongkaran makam dan mencuri mayat di sejumlah tempat pemakaman umum.

Pria yang mengalami gangguan jiwa itu pernah dibawa petugas Polres Cilacap ke Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo, Magelang. 

(Sumarwoto/AntaraNews)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.