Sukses

Mandi Air Dingin Bikin Badan Makin Langsing?

Mandi air dingin kabarnya bisa membantu menurunkan berat badan, bagaimana caranya?

Liputan6.com, Amerika Biasanya, orang mandi air dingin saat merasa kepanasan. Tapi kini, riset menemukan ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari mandi air dingin.

Mandi air dingin bisa membantu mengatasi depresi dan kecemasan, mengurangi nyeri, mengurangi inflamasi, meningkatkan sistem imun, sekaligus produktivitas tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Tak Terduga Mandi Air Dingin

Dan sekarang, berdasarkan kabar yang banyak beredar di dunia maya, mandi air dingin bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Mandi air dingin kabarnya bisa meningkatkan metabolisme sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sepanjang hari. Ternyata ada landasan ilmiah untuk pernyataan ini.

Suhu dingin memang sudah terbukti bisa meningkatkan aktivitas pembakaran lemak cokelat untuk menghasilkan energi. Dalam satu studi dari Harvard, orang-orang yang selama 10 hari berada dalam ruangan dengan suhu 16 derajat Celcius, level aktivitas lemak cokelatnya meningkat drastis.

Orang dengan jumlah lemak cokelat yang lebih rendah juga memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil, menurut studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

Lantas, seberapa efektif mandi air dingin untuk mengurangi lemak tubuh?

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seberapa efektif?

Hanya karena suhu dingin dihubungkan dengan pembakaran lemak, tidak berarti mandi air dingin akan efektif membuat berat badan turun secara drastis.

"Anda harus menghabiskan waktu cukup lama di bawah air dingin untuk bisa mendapatkan manfaatnya," ujar Nitin Kumar, M.D, spesialis obesitas dan pengaturan berat badan di HSHS Medical Group, melansir Women's Health, Kamis (14/12/2017).

Dalam satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Investigation, mereka yang menghabiskan waktu selama dua jam di tempat dengan suhu di bawah 18 derajat Celcius setiap hari bisa menurunkan berat badan sebanyak 1 -2 kg dalam waktu enam minggu.

"Aku belum pernah ada studi yang menunjukkan kesuksesan menurunkan berat badan dengan cara menambahkan mandi air dingin," ujar Spencer Nadolsky, M.D., dokter keluarga dan anggota dari American Board and Obesity Medicine, sekaligus penulis The Fat Loss Prescription.

"Banyak orang mengatakan cara ini revolusioner, tapi sebenarnya tidak. Metode ini tidak akan membuat keajaiban untuk Anda," lanjutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.