Sukses

Potong Kerbau, Tanda Pesta Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Dimulai

Liputan6.com, Jakarta Pemotongan kerbau sebagai tanda pesta adat dari rangkaian acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution dimulai dengan lancar pada Jumat, 24 November 2017.

Penyembelihan satu ekor kerbau dilakukan di sebidang tanah dekat kediaman besan Presiden Joko Widodo tersebut.

Ada pun makna sesungguhnya dari pemotongan kerbau ini tidak sekadar sebagai tanda dimulainya sebuah pesta adat. Lebih dari itu, mempunyai simbol sebuah ucapan terimakasih.

Sesepuh Adat Mandailing Tapanuli Selatan, Sudirman Lubis, menjelaskan, sebuah pesta adat dapat berjalan sukses jika dibantu oleh banyak pihak, dalam hal ini keluarga besar dari sejumlah marga. Mereka menolong tanpa pamrih, mengingat ritual ini untuk mempertahankan adat istiadat leluhur mereka.

Sebagai tuan rumah yang baik, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution sudah sewajarnya menyuguhkan makanan enak untuk sanak saudara yang sudah mau turun tangan menyukseskan seluruh rangkaian acara sampai resepsi di Medan dilaksanakan.

"Kerbau inilah makanan terakhir yang dijamu untuk mengucapkan terimakasih kepada keluarga-keluarga," kata dia kepada Liputan6.com di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR), Kawasan Ring Road, Medan, Sumatera Utara.

Ia melanjutkan, tak dimasak pun sebenarnya tak masalah. Namun, sebaiknya sekalian dimasakkan dan disajikan untuk disantap bersama-sama.

"Malam harinya juga bakal menari tor-tor sampai pagi. Kan lebih enak kalau makannya bareng-bareng sama yang lain," ujar dia menjelaskan prosesi ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution hari ini. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Menu serabi hingga soto

Pesta adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution hari ini, Jumat (24/11/2017) telah berlangsung sejak pukul 06.00 WIB.

Tamu undangan disuguhi berbagai santapan sebagai menu sarapan. Mulai dari serabi hingga soto medan. Serabi muncul sebagai hidangan pembuka, juga ada teh atau kopi. Selanjutnya, undangan bisa menikmati sajian soto medan lengkap dengan perkedel.

Sambil menikmati hidangan, sebagian keluarga besar Nasution-Siregar menari tor-tor atau manortor dan membagi-bagikan ulos.

Tabuhan gondang sambilan terus mengalun di tenda putih tempat pesta adat Kahiyang-Bobby akan berlangsung, di Bukit Hijau Regency (BHR), Kota Medan, Sumatera Utara.