Sukses

Banyak Manfaat, Ini 5 Alasan Simpan Kulit Pisang

Liputan6.com, Jakarta Usai mengonsumsi buah berdaging putih ini, jangan buang kulit pisang ya. Ada banyak manfaat yang bakal terbuang sia-sia jika memasukkan kulit buah satu ini ke tong sampah.

Nah berikut lima manfaat yang bisa didapatkan dari kulit pisang mengutip Reader's Digest, Sabtu (28/10/2017).

1. Bisa dimakan

Tak cuma daging buah pisang yang punya nutrisi, kulit pisang pun juga. Jadi, kulit pisang bisa dimakan.

"Pada kulit pisang terdapat vitamin B6 dan B12, ada juga kandungan magnesium dan kalium. Di dalamnya juga ada serat dan protein," kata ahli nutrisi dari San Diego, Laura Flores.

Lalu, bagaimana cara mengolah kulit pisang? Laura mengatakan untuk mencuci bersih kulit pisang lalu rebus selama 10 menit. Masukkan ke dalam blender bersama buah-buah lain menjadi smoothie.

2. Cegah ayam gosong

Jika tidak mau mengonsumsi kulit pisang, Anda bisa memanfaatkannya saat memanggang ayam. Pertama-tama, letakkan kulit pisang ke pan tempat memanggang lalu letakkan daging ayam di atasnya. Hal ini mencegah ayam matang tanpa gosong.

3. Suburkan tanaman

Bagi Anda yang senang berkebun, potong kecil-kecil kulit pisang. Lalu, letakkan di sekitar tanaman Anda. Nutrisi di kulit pisang membantu tanah jadi lebih subur.

4. Penyeka tanaman dalam ruangan

Bila ingin membersihkan daun-daun tanaman dalam ruangan bisa menggunakan kulit pisang. Berbeda dengan air, membersihkan daun menggunakan kulit pisang akan membuat debu di daun benar-benar hilang.

5. Redakan gatal gigitan serangga

Studi dalam Journal of the Medical Associaton of Thailand mengungkapkan di kulit pisang terdapat senyawa bersifat antiperadangan. Mungkin itu sebabnya beberapa orang merasa lebih nyaman sesudah menempelkan kulit pisang usai digigit serangga atau tersengat matahari.

 

Saksikan juga video menarik berikut: