Sukses

Rahasia Hidup Bahagia dari Tulisan Tangan Einstein Laku Rp17M

Bukan hanya penemuannya yang bernilai, saran swabantu atau nasihat dari Einstein pun ternyata dihargai mahal.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya penemuannya yang bernilai, saran swabantu atau nasihat dari penemu teori relativitas, Albert Einstein pun ternyata dihargai mahal.

Melansir laman New York Post, Jumat (27/2017), sepotong kertas dengan tulisan tangan Einstein yang memuat saran hidup bahagia itu dihargai 1,3 juta dollar atau sekitar Rp17.668.300.000 dalam sebuah lelang.

"Hidup yang tenang dan bersahaja akan lebih membawa kebahagiaan dibandingkan mengejar sukses serta kegelisahan konstan yang menyertainya," bunyi pesan Einstein.

Pesan itu ditujukan Einstein pada seorang bellboy di Imperial Hotel, Tokyo, ketika dia menginap di sana pada 1922 dan rangakaian tur perkuliahan. Hal itu terlihat dari kop surat pada secarik kertas tersebut. Kabarnya, pesan itu sebagai pengganti uang tip bagi si bellboy. Einstein mengatakan, suatu hari mungkin kertas itu akan lebih berharga dibandingkan tip yang biasa dia dapat.

Kata-katanya terbukti. Lelang yang dilakukan di Jerusalem itu dibuka dengan harga 2.000 dollar dan secara cepat meningkat. Pembelinya tidak teridentifikasi, namun penjualnya diduga keponakan sang bellboy.

"Aku sangat senang bahwa di luar sana ada orang yang masih tertarik pada sains dan sejarah serta nasihat abadi di dunia yang kini berkembang begitu cepat," ujar si penjual yang juga tak ingin diketahui identitasnya, laman New York Post mengutip Guardian.

Goresan tangan Einstein lainnya yang juga ikut dilelang berbunyi, "Di mana ada keinginan, di situ ada jalan." Tulisan tersebut terjual dengan harga lebih dari 200.000 dollar.

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.