Sukses

Berhenti Beri Banyak Susu Supaya si Kecil Kenyang Lama

Sudah tepatkah cara orangtua memberikan susu lebih banyak agar si Kecil lebih lama?

Liputan6.com, Jakarta Anak yang susah makan biasanya diberi susu lebih banyak. Sejumlah orangtua beranggapan bahwa pemberian susu merupakan solusi supaya si Kecil merasa kenyang dan tidak kelaparan.

Namun, cara ini ternyata tidak baik untuk anak, kata dr Diana F Suganda M Kes SpGK.

Dokter spesialis anak ini pernah mendapatkan pasien seperti itu. Sang ibu memberikan susu sebanyak enam sampai tujuh botol sehari, karena anaknya yang berumur satu tahun ke atas sulit makan.

"Susu memang kaya protein dan sehat. Ini juga membuat anak merasa kenyang, tapi memberikan anak lebih banyak susu itu tidak baik," ujar Diana pada diskusi Gizi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam di Jakarta, Senin, 23 Oktober 2017.

Dampak lain dari pemberian susu ini, lanjut Diana, membuat si Kecil enggan makan yang berdampak pada kemampuan mengunyahnya berkurang.

Satu-satunya jalan adalah mulai mengurangi kebiasaan itu. Tega engga tega, tapi cara ini dinilai Diana lebih mujarab yang pada akhirnya bikin si Kecil mau makan.

Selain itu, anak mau makan juga dipengaruhi lingkungan. Misalkan, saat acara kumpul keluarga atau bermain dengan teman-teman, anak akan makan saat melihat anak-anak lain juga makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.