Sukses

4 Penyebab Uban Datang di Usia 20-an

Orang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki kemungkinan lebih besar uban datang lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Uban umumnya muncul saat usia 40-an, tapi ada juga yang sudah memilikinya di usia 20-an. Bila orangtua saat muda juga mengalami hal yang sama, uban bisa muncul lebih cepat karena faktor genetik.

Namun, bila uban muncul di usia 20-an sementara ayah atau ibu tidak seperti itu, berarti ada faktor lain. Mungkin gaya hidup atau lingkungan, seperti disampaikan dermatolog dari Premier Dermatology, Marie Jhin.

Nah berikut empat faktor kemungkinan penyebab uban muncul lebih awal pada usia 20-an, mengutip laman Health, Selasa (3/10/2017).

1. Superstres

Para pakar masih memperdebatkan hubungan antara stres dan uban. Namun, beberapa studi menyebutkan ada hubungan keduanya.

Pada studi yang dipublikasikan di Nature Medicine menemukan fakta stres menyebabkan penipisan sel induk di dasar folikel pada penelitian tikus.

"Walau tidak banyak penelitian yang mendukung hal ini, tapi kita bisa lihat dari sekitar kita. Lihat saja rambut pria sebelum menjabat sebagai presiden, dan beberapa tahun sejak berkuasa," kata Jhin.

2. Kondisi medis tertentu

Dalam kasus yang jarang terjadi, kehadiran uban dini mungkin disebabkan masalah medis seperti penyakit tiroid dan gangguan kelenjar pituitari (kelenjar yang terletak di bawah otak yang merupakan raja dari seluruh kelenjar yang memproduksi hormon di tubuh manusia .

Bisa juga terkena penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia dan vitiligo. "Autoimun berarti sel menyerang tubuh sendiri. Jika yang diserang bagian rambut, itu mungkin menyebabkan jadi cepat ubanan," kata Jhin.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merokok

3. Kekurangan vitamin

Jika rambut cepat beruban mungkin karena kekurangan vitamin B12 seperti dikatakan Jhin. Kekurangan vitamin ini menyebabkan seseorang terkena anemia pernisiosa. Kondisi ini menyebabkan penurunan sel darah merah karena usus tidak menyerap cukup vitamin B12.

4. Merokok

"Merokok adalah hal amat buruk bagi kulit dan rambut," katanya.

Penelitian menunjukkan ada hubungan antara merokok dan kehadiran uban di bawah usia 30. "Kulit perokok lebih cepat keriput, dan kondisi tersebut bukan hanya terjadi di wajah, melainkan juga kulit kepala termasuk folikel," jelas Jhin.

Kandungan nikotin dan bahan kimia lain pada rokok masuk ke pembuluh arteri dan menyumbat aliran oksigen serta nutrisi penting ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, kulit jadi tidak ternutrisi dengan baik.

Bila Anda mengalami uban datang terlalu cepat, sementara ayah dan ibu tidak, Jhin menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Mungkin akan dilakukan pemeriksaan tiroid, kurang vitamin atau tidak, dan anemia atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini