Sukses

Diare Juga Pengaruhi Mental si Kecil

Liputan6.com, Jakarta Diare pada anak bila tak segera diatasi bisa membawa dampak yang negatif. Tingkat kebugaran si Kecil menurun, dan perkembangan mental buah hati tercinta tak optimal.

Seorang Nutritionist, Emilia Achmadi, mengatakan bahwa anak-anak yang mengalami diare parah memiliki hasil tes intelektualitas yang rendah.

"Diare dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, mengganggu fungsi tubuh termasuk fungsi pencernaan. Terganggunya fungsi pencernaan ini akan membawa masalah baru dengan tidak terserapnya makanan maupun obat secara optimal," kata Emilia seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu, 27 September 2017.

Penting bagi para orangtua untuk mewaspadai dampak dari diare pada anak-anak ini. Terlebih bayi di bawah umur enam bulan, cepat sekali mengalami dehidrasi akibat kondisi ini ketimbang anak balita (bayi di bawah lima tahun).

"Kondisi ini sangat berbahaya dan harus segera ditangani. Segera hubungi dokter anak apabila temperatur tubuh di atas 38.8 derajat celcius dan muntah," kata Emilia menekankan.

Loading