Sukses

Sudah Empat Tahun Afgan Berhenti Merokok, Ini Tips Ampuhnya

Liputan6.com, Jakarta Merasa kualitas vokal mulai menurun adalah pemicu penyanyi Afgan berhenti merokok. Solois berdarah Minang ini tak ingat kapan pastinya memutuskan untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini. Namun, satu yang dia ingat, saat itu sedang rekaman album ketiga.

"Album ketiga itu sekitar tahun 2012. Pada saat itu aku sudah enggak bisa nyanyi, suara false melulu, terus napas pun enggak karuan. Pas mendengarkan hasil rekaman, aku shock sendiri, Kok jelek banget suara gue?'" kata Afgan beberapa waktu lalu kepada Health Liputan6.com.

Tidak lama dari kejadian itu, salah seorang keluarga mengingatkan Afgan untuk berhenti merokok, karena alasan kesehatan. Mereka takut karier Afgan berhenti dikarenakan penyakit akibat kebiasaan buruk yang tak bisa dia hentikan.

"Akhirnya aku setop, enggak merokok lagi," kata Afgan menambahkan.

Langkah pertama yang Afgan ambil untuk memuluskan niat tersebut adalah dengan tidak membeli rokok lagi. "So, the first step is stop buy itu ngaruh banget. Jadinya akan berhenti dengan sendirinya," kata dia.

Afgan mengaku belum 100 persen berhenti merokok. Dia masih suka merokok jika sedang kumpul atau ada meeting dengan teman-teman yang perokok.

"Aku masih social smookers, tapi enggak banyak, satu batang cukup untuk sekadar menghargai. Di satu sisi pun aku worry dengan kondisi suaraku," kata Afgan meyakinkan.