Sukses

Senam Yoga Bantu Anand Jadi Lebih Percaya Diri dan Kreatif

Anand merasakan perubahan besar dalam dirinya setelah melakukan yoga.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, hidup seseorang bisa berubah karena yoga. Rutin melakukan yoga sejak SMP, Anand Premananda merasakan manfaat besar. Kini, ia punya keberanian berbicara di depan umum dan berani berkarya. Ia merasa lebih percaya diri, kreatif, dan mandiri setelah rutin berlatih yoga.

"Saya merasakan perubahan tersebut sehari-hari. Beda sekali sewaktu saya SMP. Dulu, saya orangnya pemalu, jarang berkomunikasi, dan kurang pede (percaya diri)," tutur Anand, 23 tahun tatkala berbincang dengan Health-Liputan6.com usai acara yoga bersama dalam peringatan Hari Yoga Internasional di Taman Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (17/6/2017).

Bagi Anand, yoga bukan hanya sekadar latihan fisik dan senam yang menyehatkan badan. Tapi yoga juga mampu menyeimbangkan diri antara tubuh, pikiran, dan jiwa.

"Ketika saya berolahraga, pikiran hanya fokus pada tubuh saja. Kalau saya beryoga, jiwa dan pikiran mampu berkembang. Dan itu sangat bermanfaat buat kehidupan sehari-hari, terutama saat saya kuliah dan bekerja sekarang ini," ucap Anand, yang tergabung dalam Anand Ashram Foundation, Pusat Pelatihan Yoga dan Meditasi.

Anand Ashram Foundation, Pusat Pelatihan Yoga dan Meditasi ini berada di dua lokasi, yaitu Sunter dan Puncak Ciawi Bogor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berawal dari meditasi

Berawal dari meditasi

Ketertarikan Anand terhadap yoga muncul karena kebetulan diajak orang tuanya. Ia mengatakan, orang tuanya juga baru belajar meditasi. Dari meditasi inilah, Anand mulai rajin mengikuti yoga.

"Awalnya, saya tertarik dengan meditasi. Nah, dari meditasi itu saya ikuti yoga. Ternyata meditasi juga bagian dari yoga," kata Anand, yang tinggal di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

Kesibukan pekerjaan pun tetap membuat Anand melakukan yoga. Pekerjaan yang membuat dirinya selalu lembur malam mengubah jadwal yoga.

Yoga membuat Anand lebih pede, kreatif, dan disiplin. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Sewaktu kuliah, ia rutin melakukan yoga tiap pagi dan meditasi pada sore hari.

"Yoga itu lebih baik dilakukan pagi hari untuk menambah semangat dan produktivitas. Akhir-akhir ini karena pekerjaan yang lembur malam, saya melakukan yoga, dua sampai tiga kali seminggu," tutupnya sambil tersenyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.