Sukses

Pencetus Kanker di Rokok Elektrik Lebih Tinggi dari Rokok Biasa?

Benzena, salah satu zat yang menyebabkan kanker ternyata terkandung dalam jumlah yang tinggi pada rokok elektrik.

Liputan6.com, Jakarta Berhati-hatilah sebelum Anda bersenang-senang merokok menggunakan rokok elektrik. Hasil sebuah studi yang menemukan bahwa kadar benzena, yaitu zat penyebab kanker yang cukup signifikan dalam rokok elektrik atau vape ketika rokok elektrik tersebut dioperasikan dengan tenaga penuh.

Benzena, merupakan salah satu komponen bahan bakar atau bensin, yang telah dikaitkan dengan beberapa macam penyakit, termasuk leukemia dan gangguan sumsum tulang.

Zat tersebut juga ditemukan pada udara perkotaan akibat dari gas buang industri dan sisa-sisa bensin yang tidak terbakar pada pembuangan dan kebocoran tanki. Para peneliti dari Portland State University (PSU) di Amerika Serikat mengungkapkan, ketika cairan rokok elektrik, yang mengandung asam benzoic kimiawi atau benzaldehyde, digunakan tingkat benzena menjadi lebih tinggi ribuan kali.

Namun, tingkat kadar benzena tersebut masih lebih rendah 50 hingga 100 kali jika dibandingkan dengan asap dari rokok konvensional. Temuan ini dimunculkan dalam jurnal digital PLOS ONE, melansir Times of India, Jumat (10/3/2017).

Besaran jumlah benzena dari rokok elektrik yang diukur oleh para peneliti dari PSU tergantung kepada seberapa besarnya kekuatan alat rokok elektrik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini