Sukses

Liburan di Rumah, Lakukan Kegiatan yang Disenangi Anak

Liputan6.com, Jakarta Liburan bersama anak tidak perlu ke tempat yang jauh. Di sekitar rumah, atau bahkan di rumah pun sudah cukup. Percuma jauh, tapi tidak ada interaksi antara anak dan orangtua, akibat keduanya punya kegiatan masing-masing.

"Pergi ke taman kota di akhir pekan juga sudah membantu. Di sana bisa main sepeda bareng atau piknik kecil-kecilan," kata Psikolog Anak Vitriani Sumarlis saat dihubungi Health Liputan6.com pada Sabtu (22-1-2017) sore.

Kemudian, kombinasikan dengan menciptakan suasana liburan di rumah. Seperti membeli atau menyewa DVD film yang bisa diputar, untuk ditonton bersama-sama.

"Ketika sedang nonton, anak juga harus didampingi. Jangan cuma dibelikan film, lalu orangtuanya ke mana-mana," kata Vitriani menambahkan.

Hal pertama yang harus dilakukan orangtua untuk menciptakan suasana liburan di rumah adalah, membuat kesepakatan. Orangtua harus mencari hal-hal apa saja yang disenangi oleh anak.

"Misalnya membuat kue bareng. Itu menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk keduanya. Pun ketika menonton film, pastikan yang disukai oleh anak," kata Vitriani menekankan.