Sukses

Jatuh Saat Hamil Bisa Dihindari dengan 4 Cara Ini

Berubahnya pusat gravitasi dan berat badan, membuat ibu hamil rentan jatuh.

Liputan6.com, Jakarta Cukup banyak dan cukup sering wanita yang jatuh di masa kehamilan. Jatuh saat sedang hamil, sudah tentu menimbulkan kekhawatiran yang berlipat ganda. 

Telah terjadi perubahan pusat gravitasi di tubuh wanita hamil. Hal ini terjadi di bulan keempat kehamilan. Inilah yang membuat wanita hamil mendadak ceroboh.

Belum lagi berat badan yang terus bertambah selama kehamilan, yang membuat perut jadi buncit, ditambah melunaknya persendian karena pelepasan hormon membuat wanita hamil tidak mampu menjaga keseimbangan tubuh mereka, sehingga mudah sekali jatuh.

Namun, wanita hamil tidak perlu khawatir bakal sering jatuh. Di bawah ini, ada empat cara mudah untuk mencegah wanita hamil agar tidak jatuh selama mengandung, seperti dikutip dari situs Very Well pada Selasa (12/12/2016)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pilih sepatu yang masuk akal

Pilihan sepatu menentukan langkah wanita hamil. Misal, saat sedang hujan, jangan pakai sepatu datar yang licin. Memakai sepatu dengan hak yang tinggi bukan pilihan yang bijak, karena dapat mengganggu keseimbangan Anda.

3 dari 5 halaman

2. Bergeraklah dengan lebih pelan

Hindari gerakan yang tiba-tiba, dan secara umum, lakukan segalanya lebih lambat. Hal ini akan mengurangi risiko jatuh dan menjamin keamanan Anda.

4 dari 5 halaman

3. Hindari memutar badan

Jika memungkinkan, selalu menghadap ke arah barang yang sedang berusaha Anda raih, dan hindari memutar tubuh untuk mencapai sesuatu. Hal ini akan membantu mempertahankan keseimbangan Anda.

5 dari 5 halaman

4. Selalu waspada dengan sekitar

Perhatikan detil di sekeliling Anda, waspada dengan benda yang mungkin bisa membuat Anda tersandung. Mengingat Anda tidak bisa melihat kaki sendiri, karena terhalang perut, lihat ke depan satu langkah, untuk membantu Anda tahu ada apa saja di depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.