Sukses

Konsumsi Antibiotik Sebelum Usia 2 Tahun Berisiko Alergi

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menunjukkan, mengonsumsi antibiotik sebelum usia dua tahun, bisa meningkatkan risiko untuk memiliki alergi tertentu di kemudian hari.

“Paparan dini pada antibiotik, terkait dengan peningkatan risiko eksim dan hay fever (Rhinitis alergi),” ujar salah satu peneliti dari Utrecht University di Belanda, Fariba Ahmadizar, seperti dilansir dari Webmd, Jumat (18/11/2016).

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, para peneliti menganalisis puluhan penelitian yang diterbitkan antara tahun 1996 hingga 2015 dengan melibatkan ratusan ribu orang.

Hasil penelitian yang dipresentasikan pada European Respiratory Society di London menunjukkan, antibiotik dalam dua tahun pertama kehidupan seseorang meningkatkan risiko alergi eksim dari 15 persen menjadi 41 persen, dan risiko hay fever meningkat dari 15 persen menjadi 56 persen.

”Walaupun penelitian tidak membuktikan hubungan sebab-akibat, mungkin alergi disebabkan oleh antibiotik mengganggu mikiroorganisme di dalam usus, sehingga menyebabkan respons imun berkurang,” kata para peneliti.