Sukses

Jangan Abaikan Jerawat yang Tumbuh di Ketiak

Ginni Mansberg, dokter umum di Sydney Australia mengingatkan untuk tidak membiarkan jerawat ketiak yang dapat menyebabkan kista.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab munculnya jerawat pada ketiak biasanya terjadi akibat rambut yang tumbuh ke dalam atau akibat mencukur bulu ketiak. Namun, Ginni Mansberg, dokter umum di Sydney, Australia, mengingatkan untuk tidak membiarkan jerawat ketiak yang dapat menyebabkan kista sebaceous atau kista di bawah kulit.

Ketika individu sering menggaruk dengan keras bagian rambut yang tumbuh ke dalam pada ketiak akan membuat peradangan di dalam. Kondisi ini menyebabkan sel-sel kulit pada ketiak sulit mengelupas akibat rambut yang terjebak di dalam permukaan kulit ketiak. Mansberg menyarankan untuk menggosok halus bagian ketiak yang terasa gatal dengan kain basah sebanyak dua kali sehari.

Debra Wattenberg, MD,asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York City, juga merekomendasikan untuk mengoleskan sedikit krim kortison pada benjolan atau jerawat pada ketiak untuk bantu meredakan peradangan dan rasa tidak nyaman di sekitar ketiak.

Wattenberg mengingatkan, jika benjolan pada ketiak terasa sakit, gatal, hingga berdarah dalam waktu yang lama perlu diperiksa lebih lanjut untuk memastikan status dari benjolan atau jerawat tersebut.

"Meski ketiak tidak banyak terpapar sinar matahari, bukan tidak mungkin benjolan tersebut adalah kanker kulit," ungkapnya, seperti dikutip dari Live Strong, ditulis Senin (7/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini