Sukses

Pasangkan 7 Makanan Ini agar Makin Sehat

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tahu nutrisi apa yang terkandung dalam makanan yang Anda beli tetapi apakah Anda tahu seberapa baik mereka diserap oleh tubuh?

Memahami cara menggabungkan satu makanan dengan makanan lain dapat memaksimalkan kerja makanan tersebut, seperti membantu meningkatkan penyerapan nutrisi hingga bisa mencegah berbagai penyakit. Berikut makanan beserta pasangannya yang dilansir dari Livescience, Minggu (30/10/2016).

1. Tomat dan Minyak Zaitun
Gabungan dari 5 gram lemak dan makanan yang kaya akan karotenoid bisa membantu penyerapan antioksidan yang terkandung dalam tomat. Antioksidan berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit.

2. Kunyit dan Lada Hitam
Kurkumin adalah bahan aktif dalam kunyit yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Sayangnya, bahan ini sulit dicerna. Tapi dengan bahan piperine yang terkandung dalam lada hitam, bahan ini jadi mudah dicerna.

3. Kembang Kol dan Kacang Polong
Kacang mengandung zat besi non-heme dan merupakan sumber utama bagi orang-orang yang diet nabati. Kembang kol mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan mineral, juga sangat cocok bila dipasangkan dengan kacang polong. Selain itu kembang kol bisa disajikan sebagai kari, sup atau pun semur. 

 

2 dari 2 halaman

Salmon dan Creme Fraiche

4. Salmon dan CRÈME FRAICHE
Salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium, yang ditemukan dalam makanan susu seperti creme fraiche yang dapat dikombinasikan dengan lemon dan rempah-rempah untuk membuat saus lezat untuk salmon.

5. Susu dan Madu
Susu mengandung asam amino tryptophan yang bertanggung jawab untuk menciptakan dua hormon di otak, serotonin dan melatonin. Karbohidrat seperti yang ditemukan dalam madu membantu menyerap tryptophan untuk mengurangi persaingan dari asam amino lainnya.

6. Teh Hijau dan Jus Lemon
Teh hijau merupakan salah satu sumber yang kaya antioksidan. Menggabungkannya dengan jus lemon bisa meningkatkan jumlah antioksidan yang tersedia bagi tubuh untuk diserap.

7. Pisang dan Yoghurt
Yoghurt seperti produk susu lainnya, merupakan sumber yang kaya kalsium, yang diperlukan untuk kesehatan tulang, gigi dan fungsi otot. Penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan makanan kaya kalsium dengan makanan kaya inulin (serat yang merupakan satu kelompok yang disebut fruktans) seperti pisang dapat meningkatkan penyerapan mineral ini.