Sukses

Mau Camilan yang Tetap Bikin Sehat dan Irit? Serangga Jawabannya

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia tentunya akan selalu membutuhkan asupan nutrisi agar kesehatan dapat terus terjamin setiap harinya. Pada umumnya, manusia akan menganggap jenis makanan seperti daging, sayur-sayuran dan buah-buahan adalah sumber energi yang memiliki kandungan nutrisi paling dengan kadar terbanyak.

Namun, sebetulnya nutrisi itu bisa didapat dari jenis makanan lain yang mungkin akan terdengar aneh dan masih asing di kalangan masyarakat pada umumnya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (29/10/2016), sejumlah peneliti dari beberapa negara mengemukakan penemuan mereka yaitu, sumber nutrisi alami yang kandungannya tidak jauh berbeda dengan yang biasa didapat dari asupan makanan bernutrisi lainnya namun tidak memerlukan biaya untuk menjadikannya santapan sehat setiap hari.

Sumber nutrisi alami yang dimaksud adalah berbagai jenis serangga contohnya seperti belalang, jangkrik dan cacing. Memang aneh dan tentunya mengagetkan untuk beberapa orang, khususnya yang ,hidup dan terbiasa dengan sajian makanan era modern.

Meski aneh tapi serangga-serangga tersebut terbukti mengandung nutrisi layaknya yang dimiliki daging dan asupan makanan umum lainnya. Ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Selain membuktikan fakta bahwa serangga bernutrisi yang mana baik untuk kesehatan tubuh, mereka juga secara menemukan fakta yang jauh lebih spesifik yaitu jenis kandungan nutrisi yang ada dalam serangga tersebut dan tidak sepenuhnya atau sama sekali ada dalam daging.

Pertama, mereka meyakini bahwa serangga kaya akan kandungan proteinnya dan bukan nutrisi yang ada dalam daging pada umumnya. Kemudian yang kedua adalah, para ilmuwan juga menemukan fakta bahwa serangga, khususnya jangkrik, mengandung zat besi dengan kadar tergolong tinggi.

Zat besi tersebut memiliki sejumlah manfaat yang mana diantaranya adalah, meningkatkan konsentrasi otak, menguatkan kekebalan tubuh, membantu mengatasi kondisi kehamilan yang buruk dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, beberapa serangga lainnya terbukti memiliki kandungan penting dengan manfaat serupa seperti yang dihasilkan oleh zat-zat tertentu seperti kalsium dan lainnya.

Di beberapa negara, hal ini mungkin sudah tidak mengejutkan lagi karena serangga sudah dijadikan camilan sehari-hari di negaranya.

Di Thailand, misalnya, Jing Leed atau jangkrik goreng dengan kecap khas menjadi camilan favorit orang lokal dan dewasa ini menarik perhatian sekaligus rasa penasaran orang-orang asing.

Kemudian di Meksiko, Anda bisa temukan cacing goreng, telur semut dan chicatanas panggang dengan seiris lemon.

Lalu di Jepang, Anda bisa memakan jangkrik dan pupa ngengat sutra goreng.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video