Sukses

7 Tanda Gejala Osteoporosis

Liputan6.com, Jakarta Generasi muda seringkali dianjurkan untuk rajin minum susu, mengonsumsi makanan sehat, serta melakukan latihan untuk memperkuat dan mempertahankan tulang yang kuat sehingga terhindar dari osteoporosis.

Osteoporosis terjadi ketika tubuh mengalami kesulitan menumbuhkan jaringan tulang baru untuk mengganti yang lama. Hal ini menyebabkan tulang melemah dan rapuh sehingga sedikit saja tekanan bisa patah.

Pria dan wanita sama-sama rentan terhadap osteoporosis. Untuk itu, mereka harus mengetahui gejalanya seperti dilansir dari Naturetip, Rabu (3/8/2016).

1. Tulang rapuh

Penderita osteoporosis mengalami peningkatan dalam kerapuhan tulang. Jika Anda belum pernah didiagnosis dengan penyakit ini, lebih baik segera temui dokter Anda.

2. Tinggi berkurang

Walaupun banyak orang cenderung semakin pendek ketika usianya bertambah, namun kehilangan massa di tulang belakang akibat osteoporosis dapat menyebabkan berkurangnya tinggi secara signifikan.

Jika Anda khawatir kalau hal ini menjadi masalah, coba biarkan dokter Anda tahu sehingga mereka dapat memantau tinggi badan Anda setiap tahun.

3. Postur yang jelek

Postur yang jelek merupakan tanda terbesar dari osteoporosis. Postur ini bisa saja merupakan vetebra yang sangat dipengaruhi oleh hilangnya massa tulang dan dapat berpotensi menyebabkan cacat jika tidak berhenti melakukannya.

4. Kuku rapuh

Meskipun bukan merupakan indikator yang signifikan dari osteoporosis, namun kuku rapuh juga dapat dikaitkan dengan tulang yang keropos.

5. Malas

Olahraga rutin dapat memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan seluruh tubuh dan pikiran, termasuk tulang Anda. Di sisi lain, mereka yang menjalani gaya hidup bermalas-malasan dan tidak berolahraga rutin, memiliki risiko yang lebih tinggi terkena osteoporosis karena memiliki tulang yang lebih lemah.

6. Nyeri pada otot dan sendi

Hal ini bisa menjadi gejala dalam berbagai hal, salah satunya osteoporosis. Jika Anda merasakan nyeri di otot dan sendi, disarankan untuk mencatat kapan nyeri tersebut muncul. Jika hal ini menjadi masalah dan mengganggu aktivitas, Anda harus menghubungi dokter untuk mendapatkan evaluasi kepadatan tulang.

7. Sakit punggung

Tulang yang lemah akibat osteoporosis, dapat menyebabkan tulang belakang patah atau retak, sehingga membuat nyeri punggung. Jika Anda merasakan sakit punggung yang tidak jelas akibatnya, segera temui dokter Anda agar tulang diperiksa.