Sukses

Pentingnya Konsumsi Lebih Banyak Vitamin dan Mineral Ketika Hamil

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting untuk makan diet seimbang dan mendapatkan semua nutrisi baik, seperti vitamin dan mineral agar tubuh berfungsi dengan baik. Apalagi ketika Anda hamil, sangat penting untuk mengkonsumsi lebih banyak semua nutrisi tersebut.

“Secara umum, jika Anda melakukan diet yang baik, Anda tidak perlu untuk menambahkan suplemen lagi,” kata dokter kandungan, Jacques Moritz, M.D., di New York-Presbyterian and Weill Cornell Medicine.

Dari semua hal yang dibutuhkan untuk nutrisi yang optimal, beberapa nutrisi di bawah ini sangat penting bagi Anda dan janin yang sedang berkembang, seperti yang dilansir dari laman Self, Selasa (5/7/2016):

1. Folat
Dari semua nutrisi, folat sangat penting bagi wanita hamil karena bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Moritz merekomendasikan untuk mulai meminum asam folat ketika Anda berhenti mengontrol kehamilan dan mulai mencoba untuk hamil lagi.

“Jika Anda memiliki penyakit epilepsi atau mempunyai riwayat keluarga yang memiliki cacat tulang belakang atau bibir sumbing, Anda mungkin perlu untuk mengkonsumsi folat lebih banyak,” ujarnya.

2. Vitamin D
Tidak banyak makanan yang mengandung vitamin D, sehingga cara yang paling efisien bagi ibu hamil untuk mendapatkannya adalah dengan cara menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Vitamin D sangat penting untuk mengatur kalsium dan mineral penting lainnya, sehingga baik untuk perkembangan kerangka tulang pada janin.

3. Zat Besi
Kehamilan membuat Anda berada dalam risiko besar kekurangan zat besi, karena tubuh Anda membantu janin untuk membuat suplai darahnya sendiri. Mayo Clinic menjelaskan, hal ini dapat membuat Anda merasakan gejala seperti anemia dan meningkatkan risiko kelahiran prematur serta berat badan bayi yang rendah.

4. Kalsium
Jika Anda tidak mengkonsumsi cukup kalsium selama kehamilan, tubuh Anda mungkin akan menarik kalsium dari dalam tulang untuk diberikan kepada janin yang sedang tumbuh. Hal ini membuat Anda berisiko terkena osteoporosis. Kalsium untuk wanita dewasa yang tidak hamil adalah 1.000 miligram, namun untuk wanita yang sedang hamil membutuhkan 1.200 miligram kalsium. 

5. Minyak ikan
DHA dan EPA adalah asam lemak Omega-3 yang dapat ditemukan di dalam lemak ikan yang hidup di air dingin. Keduanya terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan peradangan dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, DHA dan EPA juga berkaitan dengan perkembangan janin yang sehat.

Jika Anda khawatir dengan dosis yang harus Anda konsumsi dari semua nutrisi penting di atas, coba bicarakan dengan dokter kandungan untuk mengetahuinya.