Sukses

Sering Selfie? Awas Kena Nyeri Siku

Bila terlalu sering melakukan selfie alias swafoto bisa menyebabkan nyeri pada siku atau 'selfie elbow'.

Liputan6.com, New York- Masyarakat modern sudah tak asing dengan selfie alias swafoto. Namun, penting diketahui bila terlalu sering melakukan selfie bisa menyebabkan nyeri pada siku atau selfie elbow.

Biasanya nyeri siku menyerang pada atlet tenis maupun pemain golf. Namun, di era candu media sosial seperti ini, orang biasa yang gemar selfie pun bisa terkena selfie elbow.

Hal ini dialami oleh jurnalis dari televisi NBC, Hoda Kotb. Wanita ini sering mendokumentasikan kegiatannya lewat akun sosial media foto Instagram. Di dalam akun @hodakotb ada 2.243 foto atau video yang diunggah. Belum lama ini ia mendatangi dokter spesialis tulang karena mengeluhkan sikunya yang pegal.

"Saya pergi ke orthopedi, ia bertanya, 'Apakah Anda bermain tenis atau pingpong?'. Saya pun menjawab tidak, tapi mengatakan sering melakukan selfie," tutur Kotb kepada laman Elle dikutip Minggu (3/7/2016).

Menurut sang dokter, hal itu terjadi karena pada saat melakukan selfie, Kotb mengangkat tangan ke atas lalu berpose wajah tertentu yang dilakukan puluhan kali sehari. Nah hal itu bisa memicu terjadinya nyeri siku.

Dua fans Russian  berfoto selfie saat laga grup B Euro 2016 antara Inggris melawan Rusia di Stade Velodrome, Marseille, (11/6/2016). AFP/Valery Hache)

Lalu, menurut pakar lain, spesialis kedokteran olahraga dari New York Hospital, Jordan Metzl nyeri siku terjadi karena melakukan sesuatu secara berlebihan. Hal-hal yang dilakukan secara berulang bisa menyebabkan nyeri, dalam hal ini pada area tangan. 

"Pada dasarnya ketika manusia bertemu dengan teknologi terkadang membuat kegembiraan berlebih, sehingga membuat manusia menggunakannya pun berlebihan, termasuk pada selfie. Itu yang menyebabkan otot mendapat banyak tekanan, sehingga membuat adanya peradangan atau iritasi yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di sekitar persendian," tutur Metz.

Bila terjadi pegal pada bagian tangan gara-gara selfie, Metz menyarankan untuk mengompres menggunakan es. Lalu bila tidak ingin nyeri pada bagian siku, mulailah dengan melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum mengambil foto selfie. Sehingga otot-otot yang digunakan pada saat selfie bisa melakukan pemanasan.

Jika tangan terasa lebih pegal dari biasanya, itu berarti tubuh meminta rehat sejenak dari selfie saran Metz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini