Sukses

7 Manfaat Lada, Salah Satunya Mencerahkan Warna Pakaian

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya sebagai pelengkap bumbu masakan, lada atau merica juga diketahui memiliki banyak manfaat, di antara sebagai obat seperti asma, vitiligo, lambung hingga pemecah lemak. Namun tahukah Anda, bahwa lada masih memiliki segudang manfaat lainnya. Berikut 7 manfaat lain dari lada seperti dikutip Rodalesorganiclife, Jumat (10/6/2016) :

1. Mencerahkan warna pakaian
Lada telah lama dipercaya dapat mencerahkan dan mempertahankan warna pakaian. Hal ini diyakini dari abrasivitas lada mampu menghilangkan penumpukan sabun pada bahan pakaian sebagai pemicu kusamnya warna pakaian. Tambahkan satu sendok teh lada halus ke dalam deterjen lalu taburkan ke mesin cuci. Dijamin warna pakaian tetap terjaga bagus.

2. Menghalau binatang
Lada halus yang ditaburkan pada genangan air selain membunuh larva nyamuk juga menciptakan aroma dan rasa yang tidak disukai binatang, termasuk rusa. Jika Anda ingin agar tanaman terhindar dari gangguan rusa dan binatang lainnya, taburkan merica di sekeliling tanaman yang ingin dilindungi.

3. Membantu berhenti merokok
Menghirup minyak esensial merica telah terbukti membantu mengurangi ketagihan nikotin dan membuat berhenti merokok. Para peneliti percaya bahwa menghirup aroma merica akan memberi sensasi merokok, hingga menjadikannya sebagai pengganti yang kuat atas nikotin.

2 dari 2 halaman

4. Pengobatan impotensi

4. Pengobatan impotensi
Masih belum jelas mengapa, tetapi beberapa penelitian telah mengakui bahwa lada dapat meningkatkan gairah seks dan mengobati disfungsi ereksi. Para ilmuwan berhipotesis bahwa ini mungkin karena konsentrasi seng yang tinggi, yang kemudian dikaitkan dengan peningkatan testoteron. Gunakan merica dalam setiap bumbu masakan guna memperoleh manfaat ini.

5. Meringankan arthritis atau rematik
Piperin adalah senyawa utama dalam lada yang dapat mengurangi pembengkakan, kekakuan, dan rasa sakit yang terkait dengan Arthritis. Merica sangat ampuh sebagai antiinflamasi dan mengurangi rasa sakit. Ketika dioleskan bersama balsem atau minyak, lada juga dapat memberi sensasi hangat pada kulit serta mengurangi iritasi.

6. Meningkatkan daya memori
Meski kecil bentuknya, namun besar manfaatnya, terlebih dalam kaitannya dengan otak. Antioksidan merica membantu melindungi otak serta melawan kerusakan akibat penuaan. Piperin juga diyakini sebagai peningkat fungsi kognisi dan membantu mengurangi dampak penyakit Alzheimer. Jadi taburkan merica halus pada setiap makanan yang hendak disantap, untuk meningkatkan memori.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh
Lada hitam dapat merangsang pencernaan, meningkatkan sirkulasi dan membantu menyeimbangkan kadar glukosa. Juga telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan stres, hingga menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. Ditambah lagi piperin yang terkandung dalam lada telah terbukti dapat meningkatkan energi serta metabolisme tubuh.