Sukses

Wanita Hamil di Prancis Diberi Uang Jika Berhenti Merokok

Jika berhenti merokok, ibu hamil di Prancis secara bertahap diberikan €20 hingga total €300 .

Liputan6.com, London - Dampak buruk akibat ibu hamil merokok tidak main-main karena bisa mengancam perkembangan janin. Merokok pada saat hamil bisa menurunkan asupan oksigen ke janin yang meningkatkan risiko lahir mati, prematur, dan berat badan lahir rendah.

Berdasarkan hal tersebut, pemerintah Prancis mencoba mencari cara agar ibu hamil di negara tersebut berhenti merokok. Salah satunya dengan studi antara hotel-hotel di Prancis dengan National Cancer Institute melakukan uji coba pemberian insentif finansial jika berhenti merokok.

Ibu hamil yang berkomitmen berhenti merokok akan diberikan €20. Lalu jika selama masa kehamilan bisa berhenti merokok akan diberikan uang senilai €300 atau setara dengan Rp 4.596.600 (Kurs Rp 15.322/Euro).

Melansir laman Independent, Selasa (10/5/2016) wanita yang berusia lebih dari 18 tahun dengan usia kehamilan kurang dari empat bulan yang merokok lima batang rokok per hari.

Di Prancis sendiri ada satu dari lima perempuan hamil yang merokok berdasarkan data 2015. Kondisi ini membuat Menteri Kesehatan Prancis, Marisol Touraine menyebut Prancis sebagai negara di Eropa dengan jumlah perokok ibu hamil paling banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.