Sukses

4 Cara Hindari Makan Cepat Agar Tak Ganggu Pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Cara makan dapat mempengaruhi sistem pencernaan manusia, ketika seseorang makan terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang berisiko buruk. Menurut suatu penelitian terbaru, cara makan dengan cepat dapat menyebabkan kenaikan pada berat badan, dan lebih mudah terserang diabetes.

Ketika memakan makanan secara cepat, perut akan merasa terlalu penuh. Idealnya manusia harus mempersiapkan segala kebutuhan makan, mulai dari ruangan hingga jenis makanan yang akan disantap dengan tepat dan sesuai porsinya.

 

Tetapi kenyataanya saat makan siang di kantor misalnya, kebanyakan orang lebih memilih makan siang dalam bungkusan dan memakan di meja kantor atau saat makan malam, lebih memilih membungkus makanan dan menyantapnya saat perjalanan pulang. Padahal dengan kebiasaan tersebut, dapat mengakibatkan seseorang tidak bisa menikmati makanan dengan nyaman dan mengakibatkan pencernaan terganggu. Dilansir dari laman today.com, ditulis Senin (21/12/2015).

2 dari 2 halaman

4 Strategi Hindari Makan Cepat

1. Fokus terhadap makanan

Jangan multitasking. Singkirkan segala aktivitas yang dapat mengganggu makan Anda, misal hindari penggunaan handphone saat makan, menutup komputer/laptop, mematikan televisi dan fokus lah pada makanan di depan Anda. Sinkronkan pikiran Anda saat menyantap menu makanan agar bagian mulut dapat menikmati segala rasa makanan disetiap gigitannya. Hal ini dapat membuat perasaan Anda senang dan puas terhadap makanan yang Anda makan.

2. Mengatur meja saat makan

Hindari makan sambil berdiri dan aturlah meja makan Anda untuk mendapatkan kenyamanan saat makan untuk menghindari makan dengan cepat, dan Anda pun dapat menikmatinya.

3. Makan dengan sumpit

Makan menggunakan sendok dan garpu juga dapat mempercepat cara makan Anda, dan memungkinkan untuk terlalu banyak mengambil makanan disetiap gigitannya. Menggunakan sumpit dapat memperlambat cara makan Anda. Tak harus menyesuaikan apa yang Anda makan, namun dengan membiasakan makan menggunakan sumpit akan memperkecil porsi makanan dalam mulut Anda.

4.  Hitung setiap gigitan

Mengunyah makanan secara perlahan dan membiasakan diri menghitung setiap kunyahan yang Anda ambil dapat mempermudah proses makanan yang dicerna dan memperkecil masalah pada pencernaan. Untuk setiap satu suap makanan Anda setidaknya memerlukan waktu selama 20 detik untuk mengunyah makanan hingga halus.