Sukses

Mengintip Prosedur Operasi Plastik di Korea Selatan

Liputan6.com, New York- Operasi plastik dan Korea Selatan rasa-rasanya tak bisa dipisahkan. Banyak warganya yang menganggap industri operasi plastik di negeri ginseng tersebut sudah membudaya, walau tak sedikit yang menolaknya.

Fotografer asal Seoul yang berbasis di New York, Ji Yeo merupakan salah satu orang yang menolak operasi plastik namun di sisi lain melihat industri ini sebagai kebudayaan negaranya.

Lewat kesukaannya terhadap dunia fotografi, Yeo menggambarkan fasilitas operasi plastik di Korea Selatan dalam pameran di New York berjudul “It Will Hurt a Little”. Salah satunya gambaran kemewahan klinik kecantikan berlantai 21 di tengah kawasan mewah Gangnam, Seoul.

Gyalumhan Plastic Surgery di Gangnam, Seoul, Korea Selatan. (Foto: Ji Yeo via Washington Post)

Yeo mengatakan, seperti dikutip laman Washington Post, Jumat (16/10/2015), industri operasi plastik di negara ini menyerupai manufaktur. Prosesnya cepat dan sistematis.

Di banyak klinik, Yeo ungkap para pasien tak akan melihat dokter. Konsultasi awal mengenai prosedur operasi dan harga akan dilakukan dengan manajer konsultasi dan resepsionis prosedur bedah.

Para karyawan di klinik sudah layaknya contoh hasil operasi bedah yang dilakukan. "Kamu bisa mengatakan gaya operasi yang diinginkan kepada klinik maupun dokter hanya dengan menunjuk seperti manajer konsultasi atau resepsionis yang ada di sana," tutur Yeo.

Manajer Konsultasi di Gyalumhan Plastic Surgery, Gangnam, Seoul, Korea Selatan. (Foto: Ji Yeo via Washington Post)

"Klinik-klinik kecantikan di Korea Selatan cenderung mempekerjakan orang-orang yang mewakili gaya hasil operasi mereka dan sebagian besar karyawan mendapatkan diskon pada operasinya," tambah Yeo lagi.

Di sebagian besar klinik, pasien tak akan pernah bertemu dengan dokter (yang akan mengoperasinya). Mereka akan dibuat tertidur sebelum dokter datang ke ruang operasi dan terbangun jauh setelah dokter meninggalkan tempat tersebut, seperti diungkapkan Yeo.

Fotografer: Ji Yeo

Layaknya industri manufaktur, klinik operasi plastik di Korea Selatan menghasilkan produk yang relatif standar. Sehingga tak heran orang-orang di luar negara tersebut menyatakan wajah mereka hampir sama.