Sukses

Usia Berapa Anak Dapat Diajari Sopan Santun?

Liputan6.com, Jakarta Membiasakan si kecil untuk berlaku sopan santun, bisa diajarkan sejak usia anak kurang dari dua tahun. Mengajarkan hal-hal sederhana seperti bersalaman dengan keluarga misalnya dapat meningkatkan kepekaannya terhadap lingkungan sekitar.

Begitu disampaikan Psikolog Anak dan Praktisi Theraplay, Astrid W. E. Napitupulu saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (26/9/2015).

"Sebenarnya sejak anak sudah bisa merespon seperti mengangguk saat ditanya, kurang dari dua tahun, orangtua bisa mengajarkan sopan santun. Dimulai dengan tingkah laku sederhana saat makan atau mencium tangan orang yang lebih tua saat bertemu keluarga, anak dapat belajar berlaku baik dengan kata yang sopan," katanya.

Astrid menuturkan, mengajari anak bertutur kata baik sama halnya dengan mendidik dia berkomunikasi dengan baik. Bila ini diterapkan, dia akan mudah berteman, percaya diri dan menghormati orang yang lebih tua di lingkungannya.

"Zaman sekarang, anak didukung untuk mengeluarkan opini mereka. Anak cenderung diberi kebebasan berpendapat dan didengarkan. Hal ini mendorong mereka untuk lebih berani. Yang perlu diketahui orangtua pada akhirnya adalah anak perlu tahu budaya berkomunikasi di keluarga dengan bagaimana bertutur dengan baik dan menghormati sesama," tukasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS