Sukses

Saat si Kecil Diare, Kapan Harus ke Dokter?

Sebenarnya, sekitar 85 persen diare pada anak adalah jenis akut yang akan sembuh dengan sendiri

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak berusia dua tahun ke bawah dalam setahun paling tidak terkena diare dua hingga tiga kali. Kondisi yang ditandai dengan buang air besar lebih sering, lebih banyak dan dengan konsistensi yang lebih lembek atau cair ini kerap membuat para orangtua khawatir.

Sebenarnya, sekitar 85 persen diare pada anak adalah jenis akut yang akan sembuh dengan sendiri (self-limited disease) seperti diungkapkan dokter Rudianto Sofwan dalam buku Cara Tepat Atasi Diare pada Anak.

Namun peran orangtua dalam penanganan dan perawatan yang tepat membantu kesembuhan yang tepat. Di antaranya dengan menjaga si Kecil terhidrasi dan pemberian oralit.

Diare pada anak pun bisa berbahaya, segera ke dokter bila mengalami salah satu atau lebih tanda berikut dikutip dari Pendidikan Berkesinbungan Patologi Klinik 2009, Tatalaksana Diare pada Anak oleh Agus Firmansyah ditulis Health-Liputan6.com pada Kamis ( 20/8/2015).

1. Buang air besar cair lebih sering
2. Muntah berulang-ulang dalam jumlah sangat banyak
3. Mengalami rasa haus yang nyata
4. Tidak mau makan dan minum
5. Demam tinggi
6. Tinja berdarah
7. Tidak membaik dalam tiga hari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini