Sukses

Jangan Abaikan 5 Rasa Sakit Ini

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kita merasakan nyeri tertentu di tubuh. Hal itu bisa jadi karena tubuh kurang bugar atau memang pertanda dari penyakit serius. Bagaimana membedakan antara nyeri atau rasa sakit biasa dengan pertanda sakit serius?

Berikut 5 jenis rasa sakit yang sebaiknya jangan Anda abaikan menurut kontributor medis laman Today, Dr Natalie Azar, dikutip Selasa (18/8/2015):

1. Sakit kepala di pagi hari

Jika Anda mengalami sakit kepala yang sangat hebat di pagi hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

"Pasien yang mengalami keluhan sakit kepala yang amat sangat di pagi hari, dan mereda setelah mereka muntah, lalu mulai membaik setelah agak siang, atau bahkan semakin terasa sakitnya ketika batuk atau berolahraga. Bisa jadi ini adalah gejala utama tumor otak," jelas Dr Azar.

Dr Azar menyarankan untuk tidak panik jika Anda merasakan gejala tersebut dan memeriksakan diri ke dokter. "Tumor otak primer adalah penyakit langka. Penderitanya kurang dari satu persen," katanya.

2. Sakit perut parah

Sakit perut yang serius bisa jadi merupakan gejala beberapa penyakit, di antaranya ulcers (bisul) di dalam perut.

"Umumnya kita akan merasa sakit di perut, mulai dari pusar hingga tulang dada," katanya. "Rasa nyerinya seperti terbakar," lanjutnya lagi.

Jika Anda merasakan nyeri yang semakin hebat saat perut kosong dan merasa lebih baik setelah makan, atau kotoran Anda berwarna kehitaman atau muntah darah, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Bengkak atau sakit di salah satu kaki

Sakit yang disertai bengkak di satu kaki perlu penanganan medis. Dr Azar mengungkap, pembengkakan di kedua kaki bisa mengindikasikan masalah kesehatan di hati.

"Tapi pembengkakan hanya di salah satu kaki, terutama di bagian betis yang disertai nyeri bisa menandakan penggumpalan darah di kaki," ujarnya.

Penggumpalan atau penyumbatan darah di kaki bisa disebabkan banyak hal, di antaranya perjalanan jauh dengan pesawat atau mobil, terlalu lama berbaring di tempat tidur karena sakit, atau baru saja menjalani pembedahan.

4. Nyeri di punggung belakang pada malam hari

Jika Anda mengalami nyeri punggung yang spesifik yang membuat Anda terbangun dari tidur nyenyak di malam hari maka Anda patut waspada kata Dr Azar. Apalagi bila Anda mempunyai riwayat kanker, atau mengalami demam dan kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas yang disertai sakit, jangan ragu untuk memeriksakan diri.

5. Sakit seperti tertusuk jarum di kaki

Perhatikan nyeri seperti tertusuk jarum di kaki. Sensasi sakit yang seringkali disertai rasa kebas ini bisa mengindikasikan penyakit serius.

Menurut Centers for Disease Control, lebih dari 25 persen dari 28 juta penduduk Amerika dengan diabetes belum terdiagnosis. Nyeri seperti tertusuk itu bisa jadi gejala awal dan perlu diperiksakan.