Sukses

5 Manfaat Makan Bersama Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Coba ingat-ingat kembali kapan terakhir kali Anda makan bersama keluarga? Mungkin ada yang menjawab kemarin, akhir pekan lalu, atau saat-saat Lebaran. Namun satu hal yang pasti budaya berkumpul dan makan bersama keluarga merupakan hal yang mulai terkikis di zaman modern seperti sekarang.

Paling tidak sekitar 20 persen dari 1.165 responden survei yang dilakukan penyedap masakan Royco mengatakan mereka jarang makan bersama keluarga di rumah.

Padahal makan bersama keluarga merupakan momen berharga yang menentukan eratnya hubungan anggota keluarga seperti diungkapkan psikolog keluarga Ratih Andjayani Ibrahim.

Berikut lima manfaat yang bisa didapatkan dengan makan bersama keluarga seperti diutarakan Ratih dikutip dari pers rilis ditulis Health-Liputan6.com Senin (10/8/2015).

1. Meningkatkan komunikasi
Bersantap makanan bersama menjadi sarana keluarga dalam meningkatkan komunikasi anggota keluarga satu sama lain. Percakapan di meja makan dapat membangun hubungan yang baik di dalam keluarga dan menciptakan adanya keterbukaan. Orang tua dapat memberikan masukan maupun solusi kepada masalah yang tengah dihadapi anak, maupun mengetahui aktivitas anak di luar rumah. 

2 dari 3 halaman

Nutrisi lebih baik

2. Mendapat nutrisi lebih baik
Makan bersama keluarga terbukti memberikan asupan nutrisi yang baik kepada anak – anak untuk pertumbuhan mereka. Pola makan yang lebih teratur dan kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih diperhatikan ibu saat memasak akan lebih menyehatkan bagi anak-anak dan meningkatkan semangat mereka untuk beraktivitas.

3. Meningkatkan kreativitas sajian masakan
Menyajikan masakan saat sahur maupun berbuka menjadi tantangan bagi para ibu. Ibu perlu untuk mencari resep-resep baru yang dapat menambah macam masakan-masakan istimewa yang akan dihidangkan untuk keluarga. Dengan mencoba aneka masakan baru, akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan untuk anggota keluarga.

3 dari 3 halaman

Sarana ajarkan sopan santun

4. Mengajarkan sopan santun
Kesediaan waktu orang tua bersama anak yang tidak banyak, baik karena orang tua bekerja maupun anak yang sibuk dengan aktivitas sekolah, les, dan lainnya membuat kebersamaan antar anggota keluarga menjadi minim. Maka dari itu, dengan makan bersama, orang tua dapat mengajarkan beberapa hal- hal tata krama yang dapat menjaga anaknya agar tetap dapat berperilaku baik dan penuh sopan santun.

5. Lebih hemat
Menyiapkan hidangan makan di rumah tentunya lebih menghemat pengeluaran biaya bulanan keluarga, dibandingkan dengan membeli makanan di restoran ataupun makanan cepat saji lainnya. Dengan lebih hematnya pengeluaran biaya, akan lebih memudahkan orang tua untuk menabung dan menyimpan uang untuk hal-hal yang lebih penting lainnya.