Sukses

Sering Main di Taman Bikin Anak Makin Cerdas

Liputan6.com, New York- Tak hanya mengenalkan alam ke anak manfaat yang bisa diperoleh orangtua saat mengajak si Kecil bermain di taman, kebun, sawah, bukit, serta aneka ruang hijau lainnya. Studi terbaru menyebutkan bahwa daya ingat anak bakal meningkat signifikan bila sering diajak ke ruang terbuka hijau. 

Paparan ruang hijau di usia anak-anak dapat membantu perkembangan kognitif seperti yang diungkapkan dalam Jurnal PNAS seperti dilansir laman Time, Selasa (16/6/2015).

Hasil ini didapatkan setelah peneliti melakukan evaluasi terhadap 2600 anak berusia tujuh hingga 10 tahun yang bersekolah di Barcelona. Murid yang sering berada di ruang hijau diketahui juga mengalami peningkatan kemampuan daya ingat sebanyak lima persen serta menurunkan terpecahnya konsentrasi. Hasil luar biasa ditemui ketika di dalam sekolah terdapat lebih banyak ruang terbukahijau.

Banyaknya ruang hijau bisa jadi berkaitan dengan rendahnya polusi udara di daerah tersebut. Lalu, ruang hijau yang luas di sekolah dapat meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi kebisingan.

Fakta baru dari penelitian ini membuktikan bahwa manfaat ruang hijau bagi kehidupan sungguh penting. Penelitian sebelumnya hanya menunjukkan paparan ruang terbuka hijau terhadap kesehatan mental dan fisik.

 

Baca Juga:

4 Cara Bermain dengan Alam untuk Perkuat Jantung

 

Loading