Sukses

Ramuan Minyak Cem-ceman, Agar Rambut Tak Mudah Rontok

Rambut rontok memang suatu kondisi yang wajar, karena rambut mengalami regenerasi.

Liputan6.com, Jakarta - Rasanya sia-sia bila rambut yang hitam dan panjang berujung pada kerontokan. Dibanding rambut pendek, rambut panjang memang mudah sekali alami kerontokan, akibat akar rambut yang rapuh sehingga mudah terlepas dari kulit kepala.

Rambut rontok memang suatu kondisi yang wajar, karena rambut mengalami regenerasi. Tapi, bila rambut mudah sekali rontok, rasanya menjadi sangat tidak menyenangkan.

Untuk itu, tak ada salahnya mencoba minyak cem-ceman agar rambut kuat sehingga tidak mudah rontok, seperti dikutip dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa pada Rabu (10/6/2015).

Bahan

4 helai daun mangkokan
2 helai daun pandan
4 kuntum bunga kenanga
1 buah kulit jeruk purut
2 jari krangean
10 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat

Cuci bersih semua daun dan bunga kenanga. Lalu, iris semua bahan hingga halus. Campurkan ramuan ini dengan minyak kelapa, dan diamkan selama 3 malam. Peras dan saring. Setelah itu, oleskan minyak ke kulit kepala saat hendak dikeramas.

Khasiat

Daun mangkokan mengandung protein sebagai salah satu zat utama pertumbuhan rambut. Kemudian, daun pandan, bunga kenanga, jeruk purut, dan krangean memberi aroma wangi pada rambut. Sedangkan minyak kelapa yang mengandung lemak bersifat melembutkan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini