Sukses

Resep Jamu Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah

Liputan6.com, Jakarta - Kini penderita anemia dapat meracik sendiri jamu penambah darah. Kuncinya ada pada bayam merah. Mengandung zat besi cukup tinggi membuat bayam merah mampu menambah darah di dalam tubuh kita.

Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau protein pembawa oksigen (hemoglobin) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Obat-obatan penambah darah dijual bebas di pasaran. Tapi, ada baiknya kalau kita sendirilah yang meraciknya di rumah.

Berikut resep jamu seperti dikutip dari buku Resep Sehat dan Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa, Jumat (29/5/2015)

Bahan

1 jari rimpang kencur1 jari rimpang kunyit7 helai bayam merah1 butir telur ayam kampung, ambil kuningnya saja.

Cara membuat

Kupas kencur dan kunyit. Kencur, kunyit, dan bayam merah dicuci hingga bersih lalu ditumbuk sampai halus sambil diberi air matang sedikit demi sedikit (kira-kira satu gelas)

Setelah itu, peras dan saring. Saat akan diminum beri 1 kuning telur dan sedikit madu. Minum ramuan ini 1 kali sehari pada sore hari. Ramuan ini jangan diminum setiap hari, tapi cukup 2 hari sekali.

Khasiat

Bayam merah kaya akan zat besi mampu menambah darah. Selaibn itu, kuning telur yang kaya gizi mampu menaikkan kadar hemoglobin. Apalagi ditambah dengan kencur yang berkhasiat menambah nafsu makan.

Sedangkan kunit berkhasiat untuk menyembuhkan anemia dan gejala sembelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini