Sukses

Ingin Turun Berat Badan? Yuk, Camil 15 Buah Ini!

Mulai dari buah kelapa hingga buah kering untuk camilan tanpa takut berat badan melonjak.

Liputan6.com, London - Dibandingkan hari biasa, godaan untuk memakan aneka makanan tak sehat lebih besar di akhir pekan. Rencana menjaga berat badan atau menurunkan berat badan biasanya jadi gagal. Tapi kalau camilan Anda adalah buah dengan porsi tepat, gemuk tak akan datang. Malah bisa membantu menurunkan berat badan.

"Buah adalah pilihan tepat sebagai camilan jika ingin menurunkan berat badan. Namun perlu diperhatikan bahwa bahwa di dalamnya juga mengandung gula. Namun gula alami, sehingga lebih sehat," terang ahli nutrisi dari NutriCentre.com, Liana Bonadio.

Berikut daftar 15 buah yang bisa jadi alternatif pilihan camilan sehat untuk turunkan berat badan seperti dikutip laman Daily Mail, Sabtu (16/5/2015).

1. Avokad

Inilah manfaat dari buah avokat
Buah berdaging lembut ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan testosteron, hormon yang bertanggungjawab menurunkan berat badan pada pria dan wanita.

2. Pir

Buah segar ini kaya serat yang membuat Anda kenyang lebih lama jika menjadikannya camilan sehat. Perut kenyang tentu membuat seseorang enggan untuk mengonsumsi aneka makanan bukan? Pastikan tidak mengupas kulitnya karena di situlah serat terbanyak berada.

3. Bluberi

Masih ada lagi manfaat bluberi yang wajib Anda ketahui, berikut alasan agar tetap mengonsumsi buah kecil berwarna biru gelap ini
Buah berbentuk bundar ini kaya antioksidan yang bantu tubuh membuang racun yang menyebabkan tubuh jadi gemuk.

4. Apel
Buah segar dengan daging lezat ini kaya serat yang meningkatkan metabolisme tubuh. Ini salah satu buah andalan para model untuk menjaga berat badan karena bisa membuat kenyang lebih lama.

5. Pisang
Santap sebuah pisang sebagai menu sarapan agar lingkar pinggang tidak bertambah. Pisang mengandung serat yang membuat perut terasa kenyang serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6-10

6. Lemon
Meski asam, rutin mengonsumsi segelas air lemon di pagi hari bisa mencegah akumulasi lemak dalam tubuh.

7. Grapefruit

Foto: drnibber.com
Masyarakat Indonesia belum begitu mengenal buah grapefruit, meski begitu ada banyak manfaat kesehatan dari buah yang nampak seperti jeruk dengan daging buah kemerahan ini. Salah satunya, buah ini memiliki kandungan air tinggi sehingga menciptakan perasaan perut kenyang. Kalorinya juga rendah.

8. Buah delima
Buah berbiji merah ini dikenal dengan antioksidannya yang tinggi sehingga mampu membuang racun yang tidak dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi buah ini juga bisa menurunkan nafsu makan lho.

9. Jeruk
Di pasar, toko swalayan hingga supermarket mudah menemukan buah yang satu ini. Rutin mengonsumsi buah berdaging kuning ini membuat tubuh terus terhidrasi dengan jumlah kalori yang rendah.

10. Pepaya
Harga buah yang satu ini cenderung terjangkau, apalagi bila membelinya di pasar. Meski murah, namun manfaatnya tidak remeh. Di dalam pepaya terdapat papain, yakni enzim unik yang mendorong makanan yang tak dibutuhkan tubuh keluar.

3 dari 3 halaman

11-15

11. Tomat
Kaya Vitamin C dan likopen yang mampu merangsang produksi karnitin, sehingga proses pembakaran tubuh lebih cepat.

12. Melon
Semangkuk melon berisi 60 kalori sudah mampu membuat perut kenyang dalam waktu lama. Niat untuk mengemil makanan tak sehat berkurang.

13. Persik

Seorang ilmuwan menemukan bahwa senyawa dalam buah persik (peach) punya manfaat bagi wanita
Persik atau peach dalam bahasa Inggris adalah contoh buah ideal dalam menu diet rendah kalori. Sumber antioksidan yagn baik serta membantu membuang racun keluar dari tubuh.

14. Kelapa
Tak ada salahnya mengonsumsi buah kelapa, apalagi kelapa muda. Mengonsumsi buah dari pohon yang hidup di daerah tropis ini mampu meningkatkan metabolisme hati.

15. Buah kering

Singkirkan keripik kentang atau singkong yang asin serta membuat berat badan bertambah. Ganti dengan camilan sehat berupa buah-buah kering yang efektif membakar lemak dan mengurangi koleseterol dalam tubuh .

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.