Sukses

Adukan Minimarket yang Masih Jual Miras dengan Aplikasi Ini

GeNAM luncurkan aplikasi Lapor Miras untuk masyarakat melaporkan minimarket yang masih jual minuman beralkohol

Liputan6.com, Jakarta Gerakan Nasional Anti Miras (GeNAM) berencana luncurkan aplikasi Lapor Miras yang bisa diunduh secara cuma-cuma. Menurut Ketua Umum GeNAM, Fahira Idris, aplikasi ini akan memudahkan masyarakat jika ingin melapor terkait pelanggaran penjualan minuman beralkohol di minimarket.

"Masyarat tinggal memotret minimarket yang masih menjual minuman beralkohol atau miras dan kirim melalui aplikasi itu. Sistem secara langsung mendeteksi lokasi dan waktu pengambilan gambar," kata Fahira Idris kepada Health-Liputan6.com, Kamis (16/4/2015)

Nantinya, semua data yang masuk akan GeNAM serahkan ke Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Baca juga : Ini Hukuman Jika Tetap Jual Minuman Alkohol di Minimarket

Dengan diluncurkannya aplikasi Lapor Miras, lanjut Fahira, para pemilik minimarket tidak lagi coba-coba menjual minuman beralkohol, karena sudah banyak masyarakat yang peduli terhadap larangan ini serta proaktif melapor jika ada pelanggaran.

Lagipula. Fahira Idris percaya kalau minimarket tidak akan bangkrut hanya karena tidak menjual minuman beralkohol.

Baca juga : Minuman Beralkohol Lebih Banyak Efek Buruknya

"Jauh sebelum Permendag 06/2015 ini keluar, minimarket  di Cirebon dan Depok tidak jual minuman beralkohol karena dilarang Perda, dan tidak ada minimarket yang bangkrut bahkan semakin menjamur," kata Fahira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.