Sukses

Cara RSPAD Gatot Soebroto Hadapi Siklus DBD 5 Tahunan

Siklus demam berdarah dengue (DBD) 5 tahunan diprediksi terjadi pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Siklus demam berdarah dengue (DBD) 5 tahunan diprediksi terjadi pada tahun ini. Untuk itu, sebagai rumah sakit (RS) pemerintah yang ditunjuk sebagai RS rujukan pertama, RSPAD Gatot Soebroto sudah menyiapkan diri menghadapi hal ini.

Dr. Ponco Agus Prasojo, SpB, mengatakan, sebagai RS yang sifatnya bukan preventif, sumber daya manusia (SDM) menjadi perhatian pertama RSPAD Gatot Soebroto, yaitu ketersediaan perawat dan dokter.

"Selain itu, prasarana dan fasilitas telah kami siapkan. Kalau perlu, kami sediakan satu ruangan khusus bagi pasien DBD," kata Kepala RSPAD Gatot Soberoto pada Kamis (5/3/2015)

Segala keperluan secara umum seperti alat monitor, infus, dan obat-obatan juga telah disiapkan dengan matang.

Meski tiga tahun terakhir jumlah kasus DBD di RSPAD Gatot Soebroto mengalami penurunan, Ponco tetap mewaspadai outbreak pada 2015 ini.

"Pada 2012 kasus ini mencapai 2.635, sedangkan pada 2013 mengalami penurunan di mana hanya 2.608 kasus. Bahkan, pada 2014 jumlahnya menurun lagi, menjadi 2.448. Meski begitu, kami tetap mewaspadainya," katanya menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini