Sukses

Usai Santap Makanan Khas Imlek, Jangan Lupa Sikat Gigi

usai perayaan Imlek, jangan lupa sikat gigi

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Imlek identik dengan makanan manis. Bila makanan manis masuk ke dalam mulut dan tidak segera dibersihkan usai menyantapnya, risiko gigi berlubang pun tak terelakkan lagi.

Mulut merupakan gerbang masuknya sumber dari beragam penyakit, seperti bakteri yang dapat dengan mudah berkembang biak di dalam gigi, mulut, dan gusi. Ditambah pula makanan manis, yang selama ini dianggap sebagai biang kerok kerusakan gigi.

Spesialis Gigi Palsu sekaligus Pengajar di Fakultas Kedokter Gigi (FKG) Universitas Trisakti, drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros, mengatakan, agar terhindar dari kondisi yang membuat kesehatan mulut drop, maka jangan pernah melupakan untuk sikat gigi. Apa pun makanan yang Anda santap, baik manis maupun gurih.

"Jangan lupa ditambah gunakan benang gigi supaya bersih sela-sela giginya," kata Andy kepada Health-Liputan6.com melalui pesan singkat pada Kamis (19/2/2015)

Tapi, seandainya lupa untuk menggosok gigi, jangan langsung panik kalau gigi akan mengalami kerusakan atau mengalami kondisi menakutkan lainnya.

"Lagian, makan yang manis-manisnya cuma sehari, pas Imlek saja," kata dia.

Sebab, gigi akan mengalami kerusakan bila kondisi semacam ini terus-terusan terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.