Sukses

Yang Perlu Dilakukan Usai Kehujanan dan Menerobos Banjir

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah Anda kehujanan

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang terus mengguyur Ibukota sejak Minggu (8/2) membuat sejumlah wilayah Jakarta tergenang air. Hal ini tidak mengurungkan niat sejumlah warga untuk menerobos banjir demi mencapai tempat kerja. Padahal perlu diingat, cuaca yang tidak menentu juga bisa menjadi faktor risiko munculnya penyakit.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah Anda kehujanan. Simak ulasannya:

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat memungkinkan Anda untuk menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami. Selain itu, mandi air hangat juga bermanfaat untuk mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu meringankan sakit kepala setelah terkena air hujan.

2. Segera keramas

Jangan hanya membersihkan tubuh, rambut juga perlu ikut dibersihkan. Keramas dapat mencegah kotoran yang menempel pada rambut.

3. Konsumsi minuman penghangat tubuh

Tak perlu repot-repot mencari minuman penghangat tubuh. Sebab kebanyakan minuman herbal asli Indonesia cocok untuk menghangatkan tubuh dan pas diminum di kala hujan. Misalnya jahe hangat, bandrek, dan sebagainya.

4. Cuci kaki

Hujan membuat jalan menjadi tergenang dan dapat berisiko penyakit karena mengandung kuman dan bakteri. Ketika air mengenai genangan air tersebut sebaiknya segera mencucinya. Rendam kaki dengan campuran garam dan air hangat untuk menghindari infeksi dari kuman atau bakteri.

5. Gunakan pelembab

Kulit akan terasa gatal saat kering dari air hujan. Untuk mengatasi hal tersebut, selain mencuci dnegan air bersih, oleskan juga pelembab agar kulit tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini