Sukses

Ampuhkah Yoga Atasi Insomnia?

Paduan antara olahraga ringan, teknik relaksasi, dan napas buat yoga pilihan tepat atasi insomnia.

Liputan6.com, London Anda punya masalah dengan sulit tidur di malam hari? Sekitar 30 persen populasi dunia mengalami insomnia menurut studi dari Mental Health Foundation.

Dikatakan insomnia jika mengalami gangguan sulit tidur minimal tiga malam dalam seminggu. Kesulitan tidur tidak hanya membuat tubuh jadi kurang tidur, tapi juga masalh kesehatan lain seperti depresi, kecemasan, daya tahan tubuh menurun, serta penyakit jantung.

Lalu, dibandingkan dengan mereka yang tidur nyenyak, kaum insmonia cenderrung memiliki masalah dalam hubungan, tidak semangat, konsentrasi menurun dan seperti kekurangan energi.

Untuk mengatasi hal tersebut, yoga direkomendasikan oleh banyak ahli. "Yoga adalah cara efektif untuk megnatuasi insomnia," terang asisten profesor di Harvard Medical School, Sir Bat Khalsa.

Paduan antara olahraga fisik, teknik bernapas serta relaksasi membuat yoga bisa membuat tidur jadi lebih regular dan lebih nyaman.

Hal ini didukung oleh dokter Amerika yang telah lama meneliti tentang yoga, dr.Timothy McCall. "Yoga sangat baik untuk tidur karnea dapat menyeimbangkan antara sistem saraf yang membuat tegang tubuh menjadi lebih santai yang memudahkan untuk tidur," terang McCall seperti dikutip laman Daily Mail, Minggu (8/2/2015)

Obat tidur memang bisa membatu tidur lelap, namun jangka waktunya hanya sebentar. Berbeda dengan yoga yang mampu membantu Anda membentuk gaya hidup berkelanjutan untuk tidur lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini