Sukses

'Memijat' Gusi, Bikin Gigi Sehat

Lakukan 'pemijatan' gusi bersamaan dengan menggosok gigi.

Liputan6.com, Jakarta Anjuran untuk menggosok gigi setiap hari dua kali sehari sudah jadi kebiasaan masyarakat. Namun sudahkan menyertakan menggosok gusi dengan lembut saat menggosok gigi? Ini hal yang tidak boleh dilupakan lho demi gigi Anda yang sehat.

"Menggosok gigi memang sebaiknya ikut menggosok gusi. 'Massage' gusi ini perlu dilakukan dengan tujuan menjaga peredaran darah terjaga baik pada gusi," terang dosen Departemen Kedokteran Gigi Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Prof. drg. Armasastra Bahar, Ph.D saat dihubungi Health-Liputan6.com lewat pesan singkat ditulis Kamis, (5/2/2015).

Jika peredaran darah pada gusi lancar akan membuat gusi jadi sehat. Hal ini berdampak pada kesehatan gigi yang jadi lebih kuat. Gusi bisa menyangga gigi lebih baik.

Namun jangan sembarang memijat gusi. "Pastikan gunakan bulu sikat gigi yang lembut dan saat menyentuh gusi jangan sampai keras-keras," terang dokter Arma.

Caranya dengan mengarahkan sikat dari gusi ke arah gigi, terus begitu ke seluruh gigi. Hal ini berfungsi memijat gusi sekaligus menggosok gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini