Sukses

Cara Sederhana Usir Jutaan Kuman di Sikat Gigi

Sikat gigi menyimpan ratusan bahkan jutaan kumaan yang berbahaya bagi kesehatan. Inilah cara untuk menghilangkannya

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda kalau sikat gigi menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak? Ya, sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi dan gusi menyimpan ratusan bahkan jutaan bakteri yang berisiko bagi kesehatan mulut kita.

Para peneliti di Manchester University menemukan bahwa rata-rata sikat gigi mengandung sepuluh juta kuman, termasuk bakteri yang berpotensi membahayakan kesehatan kita seperti E-coli. Lantas, bisakah kuman-kuman yang ada di sikat gigi dibunuh atau dihilangkan?

Pakar Mikrobiologi di Queen Mary University of London, Dr Ron Cutler, mengatakan, agar jutaan kuman yang ada di sikat gigi itu terbunuh kita direkomendasikan untuk membilas sikat gigi menggunakan air mendidih setiap beberapa hari sekali.

"Atau bagi keluarga yang memiliki mesin pencuci piring, taruh saja di rak bagian atas setiap minggu," kata dia seperti dikutip Daily Mail, Rabu (31/12/2014)

Dalam satu kesempatan, Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD juga menjelaskan bahwa tempat lembab merupakan tempat paling digemari oleh bakteri untuk tumbuh dan berkembang secara merajalela. Dan, sikat gigi yang dalam keadaan basah kita letakkan begitu saja ke dalam gelas atau gelm, membuat suasananya menjadi lembab pula.

"Untuk itu, disarankan sehabis menyikat gigi, sikat gigi yang telah dibersihkan, dikepret atau dilap menggunakan tisu, agar bakteri yang ada di rongga-rongga bulu sikat gigi tidak berkembang biak," kata Prof. Mel.

Cara membersihkan sikat gigi seperti ini sebenarnya cukup mudah. Hanya, kebanyakan dari kita terlalu cuek terhadap hal sepele, yang berdampak positif untuk kesehatan gigi dan mulut kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini