Sukses

5 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Kita Sulit Tidur Nyenyak

Berikut ini sejumlah kesalahan yang mungkin kita lakukan sebelum tidur

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah kesalahan sebelum tidur mungkin kerap kita lakukan, sehingga kita mengalami kesulitan untuk tidur malam dalam keadaan nyenyak dan berkualitas. Padahal, penting bagi kita untuk dapat tidur dalam keadaan nyenyak, dengan waktu berkualitas, agar dapat bangun dalam keadaan segar di pagi hari.

Berikut ini sejumlah kesalahan yang mungkin kita lakukan sebelum tidur, seperti melansir laman Health Me Up, Kamis (4/12/2014)

1. Makan berat pada saat makan malam

Jika sebelum tidur kita mengonsumsi makanan yang terlalu berat, dengan kandungan tinggi protein, maka kemungkinan untuk tidak bisa tidur semakin besar. Sebab, dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencerna protein, sehingga akan mengganggu proses tubuh untuk tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alkohol



2. Konsumsi alkohol

Segelintir orang percaya kalau mengonsumsi alkohol dapat membuat mereka tidur lebih nyenyak. Memang, alkohol dapat membuat kita tertidur lelap, tapi membuat kita menghabiskan tidur tanpa mimpi sama sekali.

3. Minum kopi

Secangkir kopi mengandung kafein yang cukup tinggi, sedangkan kafein merupakan stimulan yang membuat tubuh kita dalam keadaan waspada selama 12 jam terhitung dari kita mengonsumsinya. Maka itu, hindarilah meminum secangkir kopi ketika sore menjelang, agar kita dapat tidur dalam keadaan nyenyak.

3 dari 3 halaman

Obat tidur



4. Minum obat tidur

Mengonsumsi obat tidur memang akan membuat kita tertidur, tetapi obat tidur tidak akan pernah menyembuhkan kondisi kesulitan tidur yang kita alami. Bahkan, obat tidur akan membuat kita menjadi candu.

5. Tidur dengan hewan peliharaan

Hewan cenderung menggeliat, menendang, merengek ketika tidur. Secara otomatis, hewan peliharaan dapat membangunkan kita, yang membuat kita akan sulit untuk tidur kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini