Sukses

7 Tanda Anda Ketagihan Facebook

Liputan6.com, Jakarta Sampai berita ini dinaikkan, memang belum ada cara untuk mendiagnosa yang disebut dengan `Ketagihan Facebook`. Para medis akan mengkategorikan Anda menderita perilaku ketagihan yang biasa disebabkan oleh disfungsi social atau perilaku obsesif. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan Anda sudah ketagihan akut dengan Facebook seperti yang dilansir dari wikihow.com, Selasa (28/10/2014):

a) Ketika Anda bangun, hal yang pertama Anda lakukan adalah membuka Facebook Anda. Membuka Facebook juga menjadi hal yang terakhir Anda lakukan di malam hari.

b) Tidak ada getaran atau Anda merasa hampa tanpa Facebook. Segala hal yang ingin Anda lakukan adalah menghabiskan waktu untuk menjelajahi Facebook. Bahkan, tidak ada pengecualian apakah pekerjaan Anda sudah selesai atau belum, atau ketika ada pertemuan keluarga.Tidak menjelajahi Facebook juga bisa menyebabkan kegelisahan, berkeringat, atau seakan-akan Anda sedang tidak sehat.

c) Anda tidak bisa pergi lebih dari sehari tanpa membuka Facebook. Jika terpaksa melakukannya, Anda akan mengalami semacam gejala `tarik-ulur` dari Facebook. Contohnya, Anda tidak akan tertarik pada sesuatu, berusaha untuk dapat membuka Facebook, bahkan ketika komputer atau sinyal sulit didapatkan. Anda begitu gelisah karena belum mendapat kabar terbaru atau perbaharui kabar melalui Facebook.

d) Memeriksa Facebook berkali-kali dalam sehari menunjukkan suatu perilaku `ketagihan`. Menghabiskan waktu lebih dari satu jam di Facebook dalam sehari akan membuat kewajiban di dunia nyata Anda sepelekan dan mungkin akan menyebabkan masalah disfungi sosial.

e) Anda tidak mengalami masalah apabila kurang tidur. Anda akan terjaga lebih malam ketika menjelajahi Facebook. Setelah itu, hal ini dianggap menjadi biasa.

f) Anda terjebak di ruang nostalgia. Ketika Facebook menjadi tempat yang membawa Anda kembali ke masa lalu, segeralah disudahi. Nostalgia akan membuat Anda bertahan lama di Facebook.

g) Ketika Anda memiliki ribuan teman di Facebook, tetapi Anda tetap merasa kesepian.

Jika tanda-tanda ini sudah mulai terlihat, segera Anda mengurangi intensitas membuka akun Facebook Anda. (Jazaul Aufa/Igw)

Loading