Sukses

Berapa Lama ASI Bisa Tetap Layak Diminum?

ASI bisa disimpan dalam suhu ruangan maupun lemari es dengan perbedaan lama bisa digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Air Susu Ibu (ASI) yang keluar dari puting sang ibu mengandung semua nutrisi penting yang diperlukan oleh bayi. Kini, banyak ibu yang sudah mengerti manfaat besar ASI pemberian ASI minimal 6 bulan bagi tumbuh kembang serta bonding diantara keduanya. Bahka para ibu yang bekerja menyempatkan untuk memompa ASI untuk disimpan.

Yang perlu jadi perhatian penyimpanan yang tepat, baik tempat dan lama penyimpanan ASI. Menurut dokter spesialis anak dari RSPAD Gatot Subruto dr. Ida Mardiati, SpA, kolostrum dapat disimpan dalam suhu ruangan  antara 27-32 derajat Celcius selama 12 jam. Sedangkan ASI bisa bertahan hingga 4- 8 jam pada suhu udara dingin antara 19-25 derajat.

Lalu, penyimpanan di dalam lemari es tentunya bisa bertahan lebih lama lagi. Pada suhu 0-4 derajat Celcius ASI bertahan hingga delapan hari. Untuk freezer lemari es satu pintu bisa tahan dua bulan. Akan makin lam jika menggunakan freezer pada lemari es dua pintu karena ASI bisa digunakan hingga 3-4 bulan terang dokter Mardiati.

Dokter Mardiati pun menyarankan untuk menyimpan ASI pada botol plastik polietylen atau gelas kaca.

Tidak sulit bukan untuk memberikan sang buah hati dengan ASI. Karena bisa disimpan, asupan ASI untuk si Kecil seyogianya selalu terpenuhi. Jadi, kini tak ada alasan lagi tak memberikan buah hati ASI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini