Sukses

Bahaya Borehkan Bawang Merah untuk Bayi

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa hal, orangtua masih yakin dengan mitos yang dapat membahayakan si kecil. Seperti misalnya, saat anak demam atau masuk angin, orangtua malah mengolesi bawang merah yang dihaluskan, kayu putih juga balsem yang dapat membuat kulit iritasi.

Menurut Konsultan tumbuh kembang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp. A (K), MPH, penggunaan bawang merah dapat membuat kulit balita iritasi.

"Penerapan pola lama seperti mengolesi bawang merah atau balsem pada balita yang mengalami perut kembung seringkali menyebabkan iritasi pada kulit balita. Hal ini dapat menganggu kenyamanan dan memengaruhi proses tumbuh dan kembangnya," kata Berni saat Seminar Pure di Jakarta, ditulis Senin (20/10/2014).

Bernie melanjutkan, iritasi dapat membuat balita tidak nyaman dan kondisi ini akan ditandai dengan munculnya kemerahan pada lipatan-lipatan kulit balita sehingga mereka mengalami nyeri dan akhirnya rewel. Jika kondisi ini berkepanjangan, akan menganggu tidur maupun gerakan atau aktivitas balita.

Loading